Istri Wapres Jajal Kain Tenun Khas Babel

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla mengunjungi pameran kriya pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Istri Wapres Jajal Kain Tenun Khas Babel
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla mencoba salah satu kain tenun khas Babel, dalam pameran kriya Pemprov Babel 2018 di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel, Kamis (15/11/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM - Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla mengunjungi pameran kriya pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel, Kamis (15/11/2018).

Mufidah bersama rombongan disuguhkan dengan beberapa demo pembuatan kerajinan khas Babel seperti menenun dengan alat bukan mesin tenun, melukis motif tudung saji, melihat peuter, akar bahar, anggrek, cual dan batik asli Babel. Tak hanya itu, ada bazar pameran produk unggulan dari UMKM di Babel.

Istri Jusuf Kalla itu tampak semangat mengunjungi satu demi satu stand yang tersusun dengan diiringi musik dambus khas melayu.

Dipandu ketua dekranasda Babel, Melati Erzaldi dan Gubernur Babel, Mufidah diperkenalkan dengan berbagai kerajinan dan makanan khas Babel.

Mufidah bahkan tampak mencoba beberapa jenis cual Babel, dirinya juga berdialog dengan para pelaku UMKM, bahkan tampak tertarik berinteraksi dengan salah satu penenun asal Bangka Barat.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Elviyena mengatakan dalam pameran kriya ini melibatkan 17 standa yakni 16 kerajinan dan satu stand kuliner.

"Kuliner cuma satu meja, tapi ini membawa lebih dari 60 produk. Yang datang ini hanya perwakilan saja, tapi ada produk UMKM lain banyak disini," ujarnya ditemui di sela-sela pameran.

Ia menyebutkan ada beberapa jenis kerajinan yang langsung mendemokan cara membuat seperti membatik, menenun, merajut dan melukis tudung saji.

"Orang kan kadang ingin tau bagaimana prosesnya, makanya ada beberapa yang demo langsung seperti membatik yang dilakukan anak kita dari SLB YPAC Pangkalpinang," ujarnya.

Ia berharap dengan dikunjungi ketua Dekranas, UMKM Babel akan semakin dikenal dan diminati masyarakat dan bisa menembus pasar internasional.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved