Dewan Pendidikan Gelar Seminar dan Konferensi Nasional, Gagas Isu Pendidikan Era Milenial

Dewan Pendidikan Bangka Belitung akan menggelar kegiatan seminar dan konferensi Nasional dengan mengangkat topik Pendidikan Era Milenial

Dewan Pendidikan Gelar Seminar dan Konferensi Nasional, Gagas Isu Pendidikan Era Milenial
Dok.Dewan Pendidikan Bangka Belitung
Besok Sabtu (17/11), Dewan Pendidikan (DP) Bangka Belitung akan menggelar kegiatan seminar dan konferensi Nasional dengan mengangkat topik Pendidikan Era Milenial yang akan dilangsungkan di Ballroom Hotel Sahid Bangka. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Besok Sabtu (17/11), Dewan Pendidikan (DP) Bangka Belitung akan menggelar kegiatan seminar dan konferensi Nasional dengan mengangkat topik Pendidikan Era Milenial yang akan dilangsungkan di Ballroom Hotel Sahid Bangka.

Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga sore ini menjadi momentum penting dan strategis bagi seluruh penggiat dan praktisi pendidikan, khususnya dalam rangka membicarakan isu-isu kekinian yang berkaitan dengan konteks pendidikan dalam menjawab tantangan di berbagai aras, baik lokal, Nasional maupun Global.

Rangkaian kegiatan Seminar dan Konferensi Nasional ini rencananya akan dihadiri para beberapa pembicara, antara lain Pakar Pendidikan sekaligus Guru Besar dari Universitas Pendidikan Indonesia; Prof. Karim Suryadi., Ketua Dewan Pendidikan Bangka Belitung sekaligus Guru Besar Sosiologi Universitas Bangka Belitung; Prof. Dr. Bustami Rachman, M.Sc., dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung; Drs. Muhammad Soleh, M.M.

Ini tentunya menjadi momentum penting bagi rekan-rekan penggiat pendidikan untuk mempublikasikan tulisannya dalam berbagai format publikasi.

“Tentunya rangkaian acara ini merupakan momentum penting dan stra­tegis bagi guru/ insan pendidik, para penggiat organisasi sosial, peneliti, para dosen, mahasiswa, masyarakat umum, individu atau mereka para komunitas peduli atau penggiat pendidikan untuk mempresentasikan, mendiskusikan, serta berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait isu-isu serta realitas pendidikan lokal, nasional dan global. Kegiatan ini akan mempertemukan individu dari berbagai latar belakang dan profesi untuk saling berukar pemikiran dan mencari solusi terhadap potret pendidikan saat ini. Tulisan bisa berupa hasil penelitian atau hasil buah pemikiran tentang ide dan gagasan penguat­an semangat pendidikan,” kata Rendy Hamzah selaku ketua panitia.

Terdapat puluhan tulisan yang masuk ke pihak Panitia Konferensi Nasional Dewan Pendidikan. Bangka Belitung.

Sebagian besar tulisan yang masuk mengangkat berbagai topik menarik dan variatif tentang isu pendidikan dalam konteks kekinian.

Peserta yang lolos dan berpartisipasi tidak dalam lingkup lokal saja, akan tetapi juga berasal dari beberapa institusi di luar Bangka Belitung, seperti Palembang, Jakarta dan Medan.

Semua tulisan yang masuk nantinya akan diseleksi oleh tim panitia. Bagi yang sudah lolos sebagai peserta, maka para peserta akan diberikan pilihan untuk publikasi naskah.

Publikasi dalam bentuk buku Proceeding ber-ISBN atau jurnal ber-ISSN yang merupakan hasil kerjasama antara Dewan Pendidikan Bangka Belitung dengan FISIP Universitas Bangka Belitung.

Selain itu juga, terbuka peluang bagi peserta yang terseleksi dan melewati proses editing untuk mempublikasikan tulisannya di Jurnal Internasional “Berumpun” FISIP Universitas Bangka Belitung.

Rendy Hamzah, M.A, selaku ketua panitia kegiatan menjelaskan bahwa perhelatan seminar dan konferensi ini menjadi ikhtiar Dewan Pendidikan Bangka Belitung dalam rangka meningkatkan spirit pendidikan dalam konteks kekinian.

Khususnya dalam rangka menghadapi rezim 4.0 yang memerlukan kesungguhan dan kesigapan semua pihak untuk mengelola kemajuan pendidikan di era digital ini.

"Hal ini juga dapat menjadi forum ilmiah sebagai ruang penting bagi berbagai pihak pemerhati dan pelaku pendidikan dalam rangka memperkuat diskursus pendidikan yang terus menghadapi berbagai peluang dan tantangan yang semakin kompleks hingga saat ini,” ujar Dosen JIP FISIP Universitas Bangka Belitung ini. (adv/*)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved