Komisi III DPRD Basel Rumuskan Perda Inisiasi Penanggulangan Kemiskinan & Pengelolaan Sampah Desa

Komisi III DPRD Bangka Selatan mendukung Pemkab Basel dalam mengelola sampah hingga ke desa-desa.

Komisi III DPRD Basel Rumuskan Perda Inisiasi Penanggulangan Kemiskinan & Pengelolaan Sampah Desa
Bangka Pos
Komisi III DPRD Bangka Selatan terus mendukung Pemkab Basel dalam mengelola sampah hingga ke desa-desa hingga akhirnya menginisiasi Perda Pengelolaan Sampah Desa. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Komisi III DPRD Kabupaten Bangka Selatan mengoptimalkan tugas dan fungsi pengawasan terhadap mitra kerjanya, bidang sosial, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pembedayaan masyarakat dan bidang pekerjaan umum.

Selain itu juga mengoptimalkan penataan ruang dan perhubungan, bidang tenaga kerja, transmigrasi, koperasi dan usaha kecil menengah, bidang komunikasi dan informasi, bidang perumahan dan kawasan permukiman, lingkungan hidup serta bidang perencanaan pembangunan, penelitian dan pengembangan daerah.

Komisi III juga berkonsentrasi membantu Pemerintah Daerah mengentaskan kemiskinan di Negeri Junjung Besaoh.

Satu diantara perda inisiasi yang dirumuskan Komisi III adalah Perda tentang Penanggulangan Kemiskinan di Bangka Selatan.

Demikian dikatakan Ketua Komisi III DPRD Basel, Samson Asrimono, Kamis (15/11).

"Kami fokus bersama Pemerintah Daerah, bagaimana mengentaskan kemiskinan di Basel. Satu diantaranya adalah kita menginisiasi Perda Penanggulangan Kemiskinan di Bangka Selatan. Harapan kita secara bertahap angka kemiskinan di Basel terus menurun dan masyarakat Basel terus meningkat menjadi sejahtera tentunya," kata Ketua Komisi III DPRD Basel Samson didampingi Wakil Ketua, Lukman.

Sementara itu Sekretaris Komisi III, Musani mengungkapkan pihaknya terus mendukung Pemkab Basel dalam mengelola sampah hingga ke desa-desa hingga akhirnya menginisiasi Perda Pengelolaan Sampah Desa.

"Pengelolaan sampah di Kecamatan Toboali sudah cukup baik ditambah hadirnya beberapa bank sampah dan terbukti Toboali pada tahun 2017 berhasil menerima Piala Adipuraa. Melihat hal ini, Komisi III menginisiasikan bagaimana mengelola sampah dengan baik sampah ke desa-desa hingga perda inisiasi kita diketok palu. Artinya kebersihan lingkungan serta pengelolaan sampah bukan hanya sebatas di ibukota kabupaten saja, tetapi Komisi III mendorong agar seluruh masyarakat desa menjaga lingkungan agar tetap bersih dengan mengelola sampah yang baik," ungkap Musani.

Ketua Komisi III menambahkan, pihaknya mendorong program bantuan pangan non tunai serta kapal perintis bantuan Kementerian Perhubungan RI.

"Komisi III terus mendukung upaya Pemkab Basel menuju swasembada pangan mendorong pembangunan dan peningkatan jaringan irigasi rawa. Bagaimana mewujudkan penyelenggaraan e-Government, strategi dan prioritas pembangunan ketenagakerjaan, serta mendorong Basel menjadi Kabupaten Layak Anak yang dilengkapi dengan Fasilitas Umum Ramah Anak," tambah Samson. (adv/ara/may)

Susunan Komisi III DPRD Basel
Ketua : Samson Asrimono, SE
Wakil : Lukman
Sekretaris : Musani
Anggota : Dian Sersanawati, SH
H Surianto, SH
Asrat Gunanti
Jalaludin
Mukimin, ST

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved