Lion Air Jatuh

Media Asing Kabarkan Keluarga dr Rio Korban Jatuhnya Lion Air JT 610 Gugat Boeing

Keluarga Rio Nanda Pratama, korban Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang Jawa Barat menggugat perusahaan Boeing.

Media Asing Kabarkan Keluarga dr Rio Korban Jatuhnya Lion Air JT 610 Gugat Boeing
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Keluarga korban kecelakaan pesawat Lion Air PK-LQP melakukan tabur bunga bersama dari KRI Banda Aceh di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Selasa (6/11/2018). Doa dan tabur bunga bersama yang dilakukan oleh keluarga korban kecelakaan Lion Air PK-LQP, karyawan Lion Air, Prajurit TNI, dan Instansi terkait di tempat kejadian dilakukan untuk mendoakan para korban dan memberi informasi kepada keluarga korban mengenai tempat jatuhnya pesawat dan proses-proses pencarian. 

BANGKAPOS.COM -- Pihak keluarga dari Rio Nanda Pratama, korban Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang Jawa Barat dikabarkan menggugat perusahaan Boeing. 

Apa kata gugatan itu?

Seperti diberitakan bbc.com berjudul 'Lion Air crash: Boeing sued by victim's family over aircraft design' , pada hari Kamis, keluhan diajukan oleh firma hukum yang berbasis di Florida atas nama orang tua dari Rio Nanda Pratama, yang berada di pesawat naas penerbangan JT 610.

Gugatan itu berfokus pada sistem kontrol penerbangan otomatis Max 737, yang katanya dirancang untuk membantu mencegah pilot mengangkat hidung pesawat "sangat tinggi".

Namun, gugatan itu menambahkan: "Dalam kondisi tertentu [sistem] dapat mendorong hidung turun secara tak terduga dan sangat kuat sehingga pilot tidak dapat menariknya kembali tepat waktu untuk menghindari kecelakaan.

"Fitur otomatis ini dapat dipicu bahkan jika pilot secara manual menerbangkan pesawat dan tidak mengharapkan komputer kontrol penerbangan untuk mengambil alih.

"Sangat mengejutkan untuk mendengar dari para ahli keamanan dan kepala serikat pilot bahwa Boeing gagal memperingatkan pelanggannya dan pilot pesawat 737 Max baru tentang perubahan signifikan dalam sistem kontrol penerbangan."

Boeing, sementara itu, mengatakan bahwa itu tidak dapat "membahas spesifik dari penyelidikan yang sedang berlangsung".

Pesawat Lion Air JT610 yang jatuh di Tanjung Karawang merupakan pesawat yang baru dua bulan mengudara.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono di Kantor Basarnas, mengatakan, pesawat Lion Air JT610 memilki kurang lebih 800 jam terbang.

Halaman
123
Penulis: teddymalaka
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved