Pemprov Babel Sarankan 2 Opsi ke Kemenpan RB Terkait Rendahnya Peserta yang Memenuhi Passing Grade

Diketahui dari 2.150 peserta yang mengikuti SKD hanya 93 orang yang memenuhi passing grade

Pemprov Babel Sarankan 2 Opsi ke Kemenpan RB Terkait Rendahnya Peserta yang Memenuhi Passing Grade
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kasubit Perencanaan dan Pengadaan Pegawai, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Erisco Nurahman. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah melayangkan surat kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), untuk melakukan evaluasi terhadap rendahnya peserta Seleksi CPNS di lingkungan Pemprov Babel, yang memenuhi nilai ambang batas (passing grade) dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang berlangsung pekan lalu.

Diketahui dari 2.150 peserta yang mengikuti SKD hanya 93 orang yang memenuhi passing grade berdasarkan Permenpan nomor 37 tahun 2018 tentang nilai ambang batas.

Jumlah peserta yang lulus hanya 4,3 persen dari jumlah peserta yang mengikuti SKD. Jika dibandingkan dengan jumlah formasi yang tersedia yakni 270 formasi hanya terpenuhi 34 persen.

Kasubit Perencanaan dan Pengadaan Pegawai, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Erisco Nurahman mengatakan dalam surat itu pihaknya menyampaikan dua masukan.

Usulan pertama yakni perubahan nilai ambang batas yakni untuk nilai TWK 75 dan TIU 80 TKP 126.

"Ini merujuk pada permenpan tahun 2014, tentang passing grade," katanya, Jum'at (16/11/2018).

Kedua, pihaknya mengusulkan nilai kumulatif paling sedikit 298 dengan nilai TWK paling rendah 75 dan TIU 80.

"Opsi kedua ini, artinya tidak melihat TKP, sepanjang nilai TIU dan TWK memenuhi passing grade dan kumulatif 298, karena memang untuk provinsi yang paling banyak tidak sampai nilai ambang batasnya di TKP," ujarnya.

Menurutnya, hingga saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari kemenpan dan BKN.

"Kami sudah komunikasi sampai saat ini belum dapat keputusan apapun terkait hal ini, kalau melihat yang informasi yang beredar akan ada perubahan, untuk mengakomodir hasil SKD yang hanya sedikit memenuhi passing grade," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved