Simcard Hangus, Nama Pelanggan Operator Ini Disalahgunakan Pengguna Baru, Ini Penjelasan Telkomsel

Modus yang digunakan pelaku yakni memanfaatkan data simcard milik pelanggan yang sudah direcycle (diproduksi ulang) oleh pihak operator

Simcard Hangus, Nama Pelanggan Operator Ini Disalahgunakan Pengguna Baru, Ini Penjelasan Telkomsel
Kompas.com
Sim Card 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM  --  Kasus penipuan dengan cara menggunakan nama pelanggan kartu simcard Telkomsel dialami oleh Sri, Warga Kelurahan Gabek Pangkalpinang. Modus yang digunakan pelaku yakni memanfaatkan data simcard milik pelanggan yang sudah direcycle (diproduksi ulang)  oleh pihak operator untuk meminta sejumlah uang dan pulsa handphone.

"Jadi nomor saya 085379798686 sejak 2017 sudah tidak aktif lagi dikarenakan tenggang waktunya sudah habis, dan hp saya hilang. Oleh Telkomsel nomor tersebut sudah dinonaktifkan. Saya sudah melapor ke Telkomsel juga. Nah saya tidak tahu, ternyata Februari 2018 nomor tersebut sudah digunakan oleh orang lain, dan orang ini ternyata memanfaatkan nomor ini untuk nipu, yang notabene nomor ini masih dipegang oleh teman-teman dan saudara saya. Waktu itu saya pikir nomor ini tidak akan digunakan lagi atau dihanguskan selamanya oleh operator, tapi ternyata tidak," ungkap Revi kepada bangkapos,com, Jumat (16/11/2018).

Revi mengaku sangat dirugikan atas kasus penipuan ini, dan berharap Telkomsel bisa memblokir nomor tersebut. Karena pemilik simcard tersebut masih aktif hingga detik ini.

"Saya khawatir saja, karena baru satu yang terungkap," ujarnya yang sudah mendatangi pihak Telkomsel untuk meminta solusi atas permasalahan ini.

Penipuan ini terungkap, saat Sri yang masih terikat saudara menghubungi istri Revi yang menanyakan kenapa nomornya diblokir setelah mengirimkan pulsa Rp 50.000 kepada sang suami. Selain itu pelaku penipuan itu juga minta dipinjamkan uang Rp 3 juta.

"Pulsa sudah saya kasih Rp 50.000, nah dia WA lagi katanya mau pinjam Rp 3 juta, saya iyakan, tapi nanti agak siang ngirimnya. Nah, gak taunya langsung diblokir nomor saya. Yang saya tau itu, yang saya WA ini Revi," ujar Sri.

Dikonfirmasi terpisah, Corporate Communications Telkomsel Regional Sumbagsel, Gumilar Henda Nugraha Ali menyesalkan kejadian penipuan ini. Ia mengatakan, pemblokiran dilakukan setelah adanya aduan dari pihak kepolisian.

"Jadi silahkan bikin laporan ke polisi, surat tersebut menjadi pertimbangan kami untuk memblokir nomor tersebut," ungkapnya.

Lebih lanjut Gumilar menjelaskan, ada tahapan atau proses dari Telkomsel sebelum memutuskan untuk melakukan recycle sebuah nomer. Setiap Nomer pengguna selalu memiliki masa aktif, masa tenggang, dan masa aging.

"Pengguna harus tetap melakukan pengisian pulsa maupun paket data agar menjaga nomernya selalu berada dalam masa aktif," ungkapnya.

Lanjutnya, jika nomor pengguna tidak digunakan dan tidak melakukan transaksi pengisian pulsa maupun paket data hingga habis masa tenggang, maka nomor tersebut akan otomatis mati.

"Perlu ditekankan bahwa selalu ada notifikasi yang memberitahukan bahwa nomor pelanggan tersebut telah berada pada masa tenggang, yaitu masa sebelum kartu tersebut mati. Oleh karena itu, kepada setiap pelanggan dihimbau untuk melakukan pengisian pulsa maupun paket data untuk tetap menjaga nomer berada pada masa aktif sesuai ketentuan yang berlaku," jelas Gumilar. 

Penulis: khamelia
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved