UMP Babel 2019 Tertinggi di Sumatera, Ini Daftar Lengkap Upah Minimum di Seluruh Indonesia

Hanif mengatakan bahwa kenaikan sebesar 8,03 persen tersebut bukan keputusan dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker), namun diambil

UMP Babel 2019 Tertinggi di Sumatera, Ini Daftar Lengkap Upah Minimum di Seluruh Indonesia
istimewa
UMP 

BANGKAPOS.COM--Pada tahun 2019 mendatang, Upah Minimum Provinsi (UMP) akan naik sebesar 8,03 pesrsen.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Tenaga Kerja M Hanif Dhakiri di Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa (16/11/2018).

Dilansir Tribun Video dari Kompas.com, Hanif mengatakan bahwa kenaikan sebesar 8,03 persen tersebut bukan keputusan dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker), namun diambil dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan inflasi tahun ini sebesar 2,88 persen.

Selain itu Hanif juga mengatakan Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 5,15 persen.

Maka tahun 2019 mendatang UMP meningkat didasari oleh pertambahan pertumbuhan ekonomi dan inflasi nasional, sesuai Pasal 44 Ayat 1 dan 2 PP Nomor 78 Tahun 2015.

"Sehingga kalau dikombinasikan angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi itu sebesar 8,03 persen," kata Hanif.

Hanif mengatakan, besaran kenaikan ini sudah ia sampaikan kepada seluruh gubernur, sehingga ia berharap seluruh gubernur segera memproses kenaikan UMP ini.

Dilansir dari situs resmi Kemnaker, Hanif menuturkan Kenaikan UMP berdasarkan PP 78 merupakan wujud upaya maksimal pemerintah dalam memberikan rasa win-win di antara semua pihak yaitu pekerja, pengusaha dan calon pekerja.

Dikatakan Hanif, angka kenaikan UMP yang terprediksi, akan membuat pengusaha dan dunia usaha mudah menyusun rencana keuangan perusahaan. 

“Sebab jika kenaikan upah tiba tiba 'melejit' tanpa terkontrol dengan baik, maka akan berdampak pada PHK dan sebagainya. Jadi “win-win” bagi dunia usaha," kata Hanif.

Halaman
1234
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved