Justiar Ikut Menyemarakkan Festival Toboali Tempo Doeloe

Festival ini dipusatkan di wisma Samudera Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Sabtu (17/11/2018).

Justiar Ikut Menyemarakkan Festival Toboali Tempo Doeloe
istimewa/humas pemkab Basel
Bupati Bangka Selatan H Justiar Noer, hadir dan turut menyemarakkan Festival Toboali Tempo Doeloe. Festival Toboali Tempo Doeloe dipusatkan di wisma Samudera Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Sabtu (17/11/2018) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Anthoni Ramli

BANGKAPOS.COM -- Bupati Bangka Selatan H Justiar Noer, hadir dan turut menyemarakkan Festival Toboali Tempo Doeloe. Festival ini dipusatkan di wisma Samudera Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Sabtu (17/11/2018).

H Justiar Noer, didampingi Ketua penggerak PKK Ekawati Justiar. Keduanya menyempatkan diri melihat foto, ornamen dan benda-benda tempo doeloe.

Dikatakan Justiar, sekarang adalah buah dari masa lalu. Sejarah yang membentuk hari ini dapat menjadi pelajaran penting. Jika bicara tentang Bangka Selatan, tak lepas dari Toboali.

"Toboali seakan telah menjadi representasi dari Bangka Selatan. Image yang melekat tentang sejarah dan adat istiadatnya yang kuat memberikan daya tari tersendiri untuk nama Toboali," kata Justiar

Lebih lanjut dikatakan Justiar, wilayah di ujung Selatan pulau Bangka ini memiliki selaksa masa lalu yang masih layak diperbincangkan.

" Tidak salahnya menengok secara tidak langsung membentuk karakter masyarakat Bangka Selatan Sekaligus menguatkan kebanggaan akan Bangka Selatan," tegas Justiar.

Justiar berharap Festival Toboali Tempo Doeloe, membuat masyarakat dan generasi muda memiliki keterikatan yang kuat dengan kawasan-kawasan budaya yang ada di Bangka Selahat.

Sehingga pada akhirnya dapar mewujudkan ketahanan budaya, selain menghadirkan romantisme nostalgia masa lalu.

" Kegiatan ini ditujukan untuk mendorong peningkatan wawasan dan pemahaman publik terhadap cagar budaya yang bernilai historis dan kultural," pungkasnya.

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved