Sanem Kirim Surat ke Menpan-RB Terkait Banyak Peserta CPNS Tidak Lulus Passing Grade

Isi suratnya, memohon kepada Pemerintah Pusat buat memberikan kebijakan baru terhadap seleksi CPNS. Ini menyusul, dari ribuan pelamar di

Sanem Kirim Surat ke Menpan-RB Terkait Banyak Peserta CPNS Tidak Lulus Passing Grade
Pos Belitung/Disa Aryandi
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), sudah mengirimkan surat secara resmi kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) untuk menyampaikan persoalan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Belitung.

Surat tersebut, ditembuskan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN). Isi suratnya, memohon kepada Pemerintah Pusat buat memberikan kebijakan baru terhadap seleksi CPNS. Ini menyusul, dari ribuan pelamar di Negeri Laskar Pelangi hanya estimasi 84 orang peserta yang lulus passing grade.

"Kemarin (Jumat) sudah kami kirimkan surat nya ke pusat. Terutama untuk meminta penurunan passing grade, karena penurunan passing grade ini, kami bisa meminta secara ke daerahan," kata Sanem kepada Posbelitung.co, Sabtu (17/10/2018).

Pemerintah Daerah (Pemda) Belitung awalnya membuka formasi tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis untuk formasi CPNS tersebut.

Totalnya sebanyak 288 formasi, dan orang nomor satu di Belitung itu, meminta agar passing grade ini disamakan dengan seleksi CPNS tahun 2014.

"Nah kalau seperti itu, tentunya bisa terisi nanti formasi - formasi yang kosong itu. Tapi dengan catatan, mereka tentu harus tetap seleksi kompetensi bidang (SKB).

Teknisnya, peserta nanti misalkan dalam satu formasi dibutuhkan satu orang, yang bisa mengikuti SKB tiga nilai tertinggi," ujarnya.

Mantan Wakil Bupati Belitung periode 2009 - 2013 itu, menyakini usulan tersebut tetap di wujudkan oleh Pemerintah Pusat. Sebab persoalan ini telah terjadi secara nasional, inisiatif oleh Kepala Daerah dan Gubernur menyampaikan ke Menpan-RB.

"Ditambah juga, disisi lain di pemerintah pusat juga sudah menerima aspirasi itu, dan mereka sudah rapat ketika tiga hari pelaksanaan SKD kemarin, jadi memang sudah menyerap langsung aspirasi ini," bebernya.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved