Wanita Wajib Tahu, Nyeri Menstruasi Seperti Ini Tidak Normal

Tetapi ada beberapa pertanda nyeri menstruasi tersebut menjadi gejala suatu penyakit. Jika salah satu gejala di bawah ini sering Anda alami

Wanita Wajib Tahu, Nyeri Menstruasi Seperti Ini Tidak Normal
net
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM  - Bagi sebagian perempuan, masa menstruasi adalah masa yang paling menyiksa akibat nyeri perut yang dirasakan.

Rasa nyeri saat haid sebenarnya hal yang normal, tapi ada kalanya nyeri tersebut merupakan gejala adanya gangguan penyakit.

Banyak dari kita yang tidak mengetahui mana nyeri yang dianggap normal dan mana yang tidak.

Dikutip dari Kompas.com (22/4/15) menurut dr. Adiansjah Dara, Sp.OG, nyeri haid timbul akibat kontraksi otot-otot rahim. Kadar nyeri yang ditimbulkan bisa sangat ringan sampai berat.

"Terkadang nyeri bukan hanya di bagian perut saja, tapi juga bokong, paha, bahkan lutut terasa gemetar," ungkap Dara.

Mereka yang mengalami nyeri haid hebat bisa mengalami mual, muntah, bahkan sampai pingsan karena nyerinya tak tertahankan.

Gejala seperti kram dan diare parah saat menstruasi ini disebabkan oleh prostaglandin. Yaitu senyawa mirip hormon yang digunakan tubuh kita untuk memberi sinyal pada rahim untuk meluruhkan lapisannya.

Prostaglandin yang berlebihan dapat menyebabkan rahim terlalu kencang, sehingga memengaruhi aliran darah ke organ-organ tubuh lain, menyebabkan mereka berkontraksi juga.

Prostaglandin juga yang menyebabkan kita kadang-kadang merasa mual selama periode menstruasi. Prostaglandin adalah penyebab di balik ketidaknyamanan saat periode menstruasi.

Tetapi ada beberapa pertanda nyeri menstruasi tersebut menjadi gejala suatu penyakit. Jika salah satu gejala di bawah ini sering Anda alami, segera konsultasikan dengan dokter.

Halaman
1234
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved