Akses Jalan ke Pantai di Tutup, HKM Batu Bedil Bongkar Paksa

Pengurus Kelompok Hutan Kemasyarakatan (Hkm) Batu Bedil, Desa Sungai Padang,Belitung membongkar pagar seng yang menutupi akses masuk ke area pantai

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Pengurus Kelompok Hutan Kemasyarakatan (Hkm) Batu Bedil, Desa Sungai Padang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung membongkar pagar seng yang menutupi akses masuk ke area pantai, Minggu (18/11/2018).

Pagar tersebut dibangun oleh oknum yang mengklaim kepemilikan lahan di area yang sama atau dalam kawasan Hkm.

"Masalah pembongkaran ini sebenarnya kemarin sudah kami beritahukan kepada pemilik lahan. Kalau mereka pasang tetap akan kami bongkar, karena kami susah mau lewat," ujar Ketua Hkm Batu Bedil Suhardi.

Ia mengatakan sebagian pagar tersebut didirikan pada Sabtu (17/11/2018) sore. Namun pihaknya sempat menegur pada saat oknum tersebut, baru memasang kayu di lokasi itu.

Menurutnya pihak Hkm hanya membongkar sedikit bagian pagar yang menutupi akses masuk ke area Pantai Batu Bedil.

Sedangkan pagar lainnya yang sudah dicat tidak dirusak sedikit pun.

"Kami rasa ini wajar (pembongkaran) memang jalan ini akses jalan bagi Hkm dan area ini sebenarnya masuk kawasan hutan lindung jadi tidak ada klaim kepemilikan lahan. Kami dari Hkm hanya pinjam pakai untuk pengelolaannya," katanya.

Suhardi berharap Pemkab Belitung dapat memfasilitasi antara Hkm Batu Bedil dengan oknum yang mengklaim kepemilikan lahan tersebut.

Sehingga tidak terjadi polemik berkepanjangan demi kemajuan Hkm Batu Bedil.(*)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved