Bahar Buasan: Peningkatan Sektor Pariwisata Solusi Atasi Pengangguran Babel

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Bahar Buasan mengatakan, penyerapan tenaga kerja di Babel kian menurun.

Bahar Buasan: Peningkatan Sektor Pariwisata Solusi Atasi Pengangguran Babel
Bangka Pos
Bahar Buasan: Peningkatan Sektor Pariwisata Solusi Atasi Pengangguran Babel 

BANGKAPOS.COM --  Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Bahar Buasan mengatakan, penyerapan tenaga kerja di Babel kian menurun. Sehingga memberi dampak pada tingginya tingkat pengangguran.

Karena itu Bahar meyakini, sektor pariwisata mampu menkadi solusi untuk mengatasi masalah pengangguran di Babel.

"Dengan kita dorong pendirian sektor pariwisata kita, seperti KEK di Bangka ini, kedepan saya yakin pengangguran akan berkurang. Karena pariwisata merupakan sektor yang menyerap banyak tenaga kerja," Kata Bahar Buasan.

Senator asal Babel itu mengatakan, peluang pariwisata sebagai salah satu solusi dalam mengurangi pengangguran berdasarkan data dari BPS. Bali merupakan daerah yang paling rendah angka pengangguran karena mengutamakan peningkatan pariwisata.

Berdasarkan informasi dari Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Sairi mengatakan, jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,04 juta orang dengan tingkat 5,50 persen pada Agustus 2017. Angka pengangguran tertinggi ada di Maluku, dan paling sedikit ada di Bali.

"Jabodetabek angka penganggurannya tinggi karena didominasi industri manufaktur yang punya daya tarik tinggi, tapi tidak serta-merta menyerap banyak tenaga kerja," ungkapnya.

Sementara Bali, kata Sairi, tercatat TPT terendah 1,48 persen. Dia mengungkapkan, pendapatan masyarakat di Bali karena ditopang sektor industri ekonomi kreatif dan pariwisata. Sektor ini banyak menyerap tenaga kerja.

"Industri pariwisata dan ekonomi kreatif sangat menyerap banyak tenaga kerja, sehingga angka pengangguran di Bali relatif lebih kecil," terangnya.

Berdasarkan dari informasi BPS tersebut Bahar Buasan meyakini sektor pariwisata akan mengatasi masalah pengangguran di Babel.

"Dengan adanya pariwisata di Babel, saya yakin, Babel bisa mengatasi permasalahan pengangguran yang selama ini kita alami," tutup Bahar Buasan.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved