Pemilu 2019: 40% Suara Diisi Anak Muda, Usia 17-35 Tahun

Pemilu 2019 nanti akan diisi oleh 75 Juta anak muda berusia 17 sampai 35 tahun. Mereka tercatat telah memiliki hak untuk memilih.

Pemilu 2019: 40% Suara Diisi Anak Muda, Usia 17-35 Tahun
Kotak suara Pilkada 

BANGKAPOS.COM  - Tingkat pengetahuan dan pemahaman terhadap pelaksanaan Pemilu 2019 dinilai masih sangat rendah bagi anak muda.

Padahal, dalam Pemilu 2019, sebanyak 40 persen suara anak diisi oleh anak muda usia 17-35 tahun.

Dikutip TribunWow dari Wartakotalive, data Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) membenarkan persoalan tersebut.

“Hasil penelitian di lapangan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga penggiat Pemilu diharapkan dapat memotret tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019, terlebih targetan tingkat partisipasi pada Pemilu 2019 sebesar 77,5 persen,” kata Bahtiar, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Jumat (16/11/2018).

Dalam upaya meningkatkan pemahaman anak muda tentang pemilu, Backtiar mengungkapkan ada beberapa upaya yang dapat dilakukan.

Bachtiar menjelaskan bahwa peran Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan sosialisai dan pendidikan politik menjadi upaya yang paling tepat.

Pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib untuk memberikan bantuan dan fasilitas untuk kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang, dan kewajiban penyelenggaraan pemilu.

“Bagaimana tingkat pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap pelaksanaan Pemilu 2019."

"Sosialisasi dan pendidikan politik bagi pemilih sebenarnya bukan hanya tanggungjawab dari penyelenggara saja, tetapi tanggungjawab semua elemen bangsa, baik penyelenggara itu sendiri."

"Pemerintah pusat, pemerintah daerah, partai politik, ormas, termasuk juga media massa,” katanya.

Halaman
12
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved