Masyarakat Babel Kumpulkan Rp 550 Juta untuk Sulteng

Melalui Babel Peduli mengumpulkan bantuan sebesar Rp 550 juta untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah di Sulawesi Tengah.

Masyarakat Babel Kumpulkan Rp 550 Juta untuk Sulteng
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Kepala BPBD Babel, Mikron Antariksa. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM  - Masyarakat Bangka Belitung melalui Babel Peduli mengumpulkan bantuan sebesar Rp 550 juta untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah di Sulawesi Tengah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Babel, Mikron Antariksa mengatakan bantuan yang terkumpul ini akan didonasikan untuk membuat sarana air bersih dan MCK.

Mikron menyampaikan berdasarkan hasil rapat dengan para donatur, selain pembangunan fisik, juga akan memberikan kaos yang berisi motivasi kepada masyarakat.

"Masukan donatur beberapa hal yang menjadi penekanan memberikan baju yang dicetak Sulteng Bangkit 3000 baju, yang kedua mengadakan Trauma hiling mendatangkan relawan guru dari PGRI ada 2 orang, dari rumah dongeng kegiatan sosial lainnya, ada masukan untuk membuat sarana air bersih dan MCK," kata Mikron belum lama ini.

Menurutnya akan ada tim yang berangkat untuk melakukan pemetaan titik bantuan.

"Nanti ada relawan yang berangkat,untuk mencari dan maping desa yang masih memerlukan penanganan, bantuan ini akan terus sampai nanti Desember," katanya.

Saat ini, menurutnya masyarakat masih berada di pengungsian, pasalnya lahan masyarakat berada dalam zona merah, yang artinya tidak boleh dibangun.

"Kita akan bangun dapur umum, masyarakat masih tetap di pengungsian, masih butuh waktu cukup lama untuk mereka bisa bangun rumah, karena gempa juga masih terjadi disana. Harus analisa dulu, kemungkinan 1-2 tahun mereka baru bisa bangun rumah," katanya.

Mikron menyebutkan, secara psikologis mereka perlu pengembalian mental untuk menghilangkan trauma. sehingga perlu dilakukan pendampingan.

"Kendala mereka dengan kondisi cuaca hujan tidak nyaman hidup di tenda, masalah air bersih. Kita fokus penyediaan air bersih bikin sumur bor, kita menyiapkan toren, cari sungai terdekat untuk buat MCK," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved