Warga Sinar Baru Rayakan Maulid Nabi Seperti Lebaran, Asmiah Potong 16 Ayam Kampung

Perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW tahun 1440 H diperingati dengan meriah seperti suasana lebaran Idul Fitri oleh warga kelurahan Sinar Baru

Warga Sinar Baru Rayakan Maulid Nabi Seperti Lebaran, Asmiah Potong 16 Ayam Kampung
bangkapos/edwardi
Sumarlan sedang menerima tamu yang datang kerumahnya 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM -- Perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW tahun 1440 H diperingati dengan meriah seperti suasana lebaran Idul Fitri dan Idul Adha oleh warga kelurahan Sinar Baru Kecamatan Sungailiat, Selasa (20/11/2018).

Sumarlan, warga Sinar Baru mengatakan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW bagi warga Sinar Baru sudah menjadi tradisi sejak dahulu.

"Perayaan ini sudah dimulai semalam dengan pembacaan sholawat, syair Al-Barzanji dan doa bersama serta shalat Maghrib dan Isya berjamaah di masjid," kata Sumarlan.

Ditambahkannya pagi tadi diadakan cukuran massal anak balita dan tradisi Nganggung di masjid.

Para tamu sedang menikmati hidangan yang disiapkan keluarga tuan rumah Sumarlan.
Para tamu sedang menikmati hidangan yang disiapkan keluarga tuan rumah Sumarlan. (bangkapos/edwardi)

"Dari tradisi inilah kemudian berkembang banyak keluarga, sanak saudara, teman-teman dari luar kelurahan Sinar Baru datang bersilaturahmi ke rumah-rumah masyarakat Sinar Baru, sehingga berkembang seperti suasana lebaran sampai sekarang ini," jelasnya.

Sementara itu istri Sumarlan, Asmiah mengatakan, untuk perayaan Maulid Nabi ini, menyiapkan sebanyak 16 ekor ayam kampung dimasak opor dan 5 kg daging sapi untuk dimasak rendang.

"Kita juga menyiapkan hidangan kulat pelawan dan kulat sisik, tekwan, dan lontong serta kue-kue tradisional, seperti kueapem, kue cung, bolu lapis dan lainnya," ujarnya.

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved