Fahmi SH MH Ajak Manfaatkan TP4D

TP4D memiliki sejumlah kriteria dalam melakukan pendampingan salah satunya yakni untuk proyek menggunakan APBN dan APBD.

Fahmi SH MH Ajak Manfaatkan TP4D
Bangka Pos
Sekretaris Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejati Bangka Belitung Fahmi SH MH melakukan sosialisasi di PT Timah Tbk Senin (19/11/2018). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sekretaris Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejati Bangka Belitung Fahmi SH MH melakukan sosialisasi di PT Timah Tbk Senin (19/11/2018).

Fahmi SH MH yang juga merupakan Koordinator Intel Kejati ini memberikan pemahaman apa itu TP4D dan perannya termasuk cara meminta pendampingan dalam kegiatan penyediaan barang dan jasa.

Sebab TP4D memiliki sejumlah kriteria dalam melakukan pendampingan salah satunya yakni untuk proyek menggunakan APBN dan APBD.

Jika diluar itu seperti BUMN dan BUMD masih tetap bisa dilakukan pendampingan yang akan diarahkan ke Jaksa Datun di Kejati Bangka Belitung.

“Jangan khawatir untuk PT Timah Tbk yang menggunakan dana internal bukan dari APBN dan APBD ada Datun yang akan melakukan pendampingan,” kata Fahmi SH MH.

Fahmi SH MH menjelaskan pihaknya yang terlibat dalam proyek-proyek pengadaan barang dan jasa tidak perlu ragu untuk meminta pendampingan dari TP4D.

Sebab ini merupakan langkah pemerintah dalam menggeser upaya pemberantasan korupsi dari refresif atau penindakan ke prefentiv atau pencegahan.

Artinya jika didampingi oleh TP4D mulai dari perencanaan proyek hingga proyek selesai tidak terjadi lagi tindakan melawan hukum dan sesuai aturan.
Sehingga terhindar dari masalah hukum dan masalah lainnya.

“Tapi jangan datang ke kita setelah proyek berjalan itu tidak bisa berikan pendampingan jadi ajukan permohonan mulai dari perencanaan proyek,” kata Fahmi SH MH.

Dalam sesi tanya jawab yang berjalan menarik sejumlah pegawai PT Timah Tbk menanyakan sejumlah permasalahan dalam meminta pendampingan.

Salah satunya apakah biaya yang dikeluarkan selama kegiatan pendampingan ditanggung pihak yang meminta pendampingan

“Yah kasarnya biaya yang diberikan berapa persen dari nilai proyek maaf ini cuma saling share karena kami benar benar tidak tahu jadi mohon informasi” kata salah seorang pegawai bagian pengadaan PT Timah Tbk.

Menanggapi hal tersebut Fahmi SH MH hanya tersenyum dan mengatakan disinilah masih banyak yang tidak mengetahui dan ini pertanyaan yang bagus sekali.

“Ini pertanyaan bagus jadi dalam melakukan pendampingan TP4D tidak dibiayai pihak lain namun dari anggaran yang dimiliki mereka sendiri jadi nggak perlu khawatir saat minta pendampingan akan keluar biaya silahkan untuk informasi dan permintaan pendampingan atau tanya jawab bisa ke web kita,” kata Fahmi SH MH.

Kegiatan sosialisasi terkait TP4D terus dilaksanakan oleh Kejati Bangka Belitung mulai dari dinas-dinas, Pemprov, Pemkab, instansi-intansi lainnya, BUMD, BUMN dan perguruan tinggi yang ada di Bangka Belitung. (die)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved