HUT ke-18, Bahar Buasan Ajak Pemprov dan Warga Gotong-royong Bangun Babel

Bahar mengatakan, dari sisi usia Babel memang masih relatif muda. Namun dari sisi organisasi, usia itu cukup panjang untuk

HUT ke-18, Bahar Buasan Ajak Pemprov dan Warga Gotong-royong Bangun Babel
Bangkapos
HUT ke-18, Bahar Buasan Ajak Pemprov dan Warga Gotong-royong Bangun Babel 

BANGKAPOS.COM--Anggota DPD RI dapil Bangka Belitung Bahar Buasan ikut merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 bersama Gubernur Bangka Belitung.

Bahar mengatakan, dari sisi usia Babel memang masih relatif muda. Namun dari sisi organisasi, usia itu cukup panjang untuk melihat kembali apa yang sudah dikerjakan dalam melaksanakan program yang bermanfaat bagi masyarakat.

Di usia "remaja" Provinsi Babel, Bahar Buasan berupaya untuk terus memperjuangkan aspirasi masyarakat Babel.

Senator asal Babel, Bahar Buasan juga mengakui usia Babel yang sudah menginjakkan ke-18 tentu saja banyak aspirasi yang diterima DPD dari masyarakat yang masih perlu diperjuangkan.

"DPD RI menyadari bahwa banyak aspirasi masyarakat yang masih perlu diperjuangkan lagi untuk meningkatkan taraf hidup rakyat dalam era demokrasi di tengah globalisasi saat ini," ujar Bahar Buasan di Pangkalpinang, Rabu (21/11/2018).

Bahar mengatakan, untuk memperjuangkan terpenuhinya aspirasi masyarakat di daerah diperlukan lembaga perwakilan daerah yang semakin kuat pula, semakin mumpuni dan profesional dalam bekerja.

Agar kehadiran DPD bermakna dan bermanfaat bagi bangsa.

Dalam konteks itulah, menurut Bahar, maka Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Perubahan Kedua atas UU MD3, telah memberikan mandat dan tugas kepada DPD RI untuk melakukan pemantauan dan evaluasi atas rancangan Peraturan Daerah dan implementasinya.

Dengan kewenangan baru tersebut, maka DPD RI dapat menjembatani kepentingan daerah dan pusat secara lebih baik lagi, khususnya dalam melakukan pemantauan dan evaluasi atas rancangan Perda di daerah, agar tidak lagi berbenturan dengan berbagai peraturan di tingkat pusat. 

DPD RI menurut Bahar telah mengartikulasikan kepentingan daerah melalui usulan untuk 87 RUU, 256 pandangan dan pendapat, 80 pertimbangan, 9 RUU dalam Prolegnas, dan 11 rekomendasi yang menyangkut kepentingan daerah.

"Harapan kami ke depan, DPD RI akan terus bisa bekerja sama dengan Pemerintah Pusat, jajaran Pemerintah Daerah, dan segenap organisasi komponen bangsa, agar tujuan mulia kita untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di daerah Babel dapat dicapai," katanya.

Menurut Bahar harus diyakini bahwa Indonesia akan disebut makmur dan sejahtera apabila daerah-daerah telah maju dan sejahtera. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka fokus pembangunan harus lebih diarahkan ke kepentingan daerah.

"Pada peringatan HUT Babel ke-18 ini Saya ajak pemerintah daerah beserta jajarannya untuk bergotong royong, bersama membangun daerah yang kita cintai ini," tutup Bahar Buasan.(*)

Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved