Kinerja Terganggu, DPRD Tunggu Parpol Ajukan PAW

Berkurangnya enam anggota dewan yang menjadi korban musibah jatuhnya pesawat Lion Air menganggu kinerja dari DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Kinerja Terganggu, DPRD Tunggu Parpol Ajukan PAW
Bangka Pos / Hendra
Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKA --Berkurangnya enam anggota dewan yang menjadi korban musibah jatuhnya pesawat Lion Air cukup menganggu kinerja dari DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ketua DPRD Propinsi Bangka Belitung, Didit Srigusjaya kepada harian ini mengatakan meski kinerja DPRD terganggu akan tetapi bisa digantikan dengan anggota DPRD yang lainnya.

“Menggangu tentu ada, tapi kita punya terobosan untuk menutupi kekurangan anggota personil anggota DPRD itu,” kata Didit Srigusjaya.

Enam anggota DPRD Babel yang menjadi korban musibah Lion Air yakni Ahmad Mugni dari Fraksi Partai Golkar, Dollar dari Partai PKB, Eling Sutikno dari PPP, Murdiman dari PKS, Muchtar Rasyid dari PAN, dan HK Djunaidi dari Partai Demokrat.

Sesuai aturannya, pergantian antar waktu (PAW) masih bisa dilakukan karena masa tugas masih lebih dari 6 bulan. Masa tugas anggota DPRD Babel masih 10 bulan lagi atau berakhir hingga September 2019.

Didit mengatakan DPRD Babel siap melakukan PAW untuk mengisi kekosongan tersebut. Akan tetapi hingga saat ini belum ada satupun partai politik yang mengajukan PAW.

“Sejauh ini belum ada yang mengajukan, mungkin masih dalam suasana duka. PAW itu hak dari partai politik terkait. Apakah melakukan PAW atau tidak, DPRD tidak melakukan intervensi lebih jauh. Kita hanya menunggu pengajuan dari partai politik,” ujar Didit.

Sementara Ketua DPD Partai Golkar, Hendra Apollo kepada harian ini, Kamis (22/11) mengatakan partainya akan mengajukan PAW. Hal ini dilakukan untuk mendukung kinerja dan suara partai di DPRD Babel.

“Saat ini kita masih konsultasi dengan Mendagri, harapan kita sebelum 6 bulan sudah bisa mengajukan PAW,” kata Hendra.

Pengganti Ahmad Mugni pun kata Hendra sudah dipersiapkan. Yakni nama yang berdasarkan suara saat pemilu 2014 berada dibawah Ahmad Mugni.

Senada, Ketua DPW PKB Babel, Tanwin mengatakan mereka pun sudah mempersiapkan pengganti almarhum Dollar. Pergantian ini dilakukan karena keterwakilan PKB di DPRD Babel kurang dan cukup mengganggu.

“Kita masih lakukan proses ke tingkat pusat. Siapa penggantinya juga sudah kita siapkan yakni Pak Mail. Sementara ini kita masih menunggu proses dan secepatnya kita ajukan agar bisa mengakomodir suara masyarakat di DPRD Babel,” pungkas Tanwin. (*)

Penulis: Hendra
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved