Diskominfo Pangkalpinang Sampaikan Bahaya Berita Hoax di SMPN 8 Pangkalpinang

Kalau ada menerima berita viralkan, jangan langsung diviralkan karena tidak dijamin kebenarannya. Sehingga hal inilah yang banyak

Diskominfo Pangkalpinang  Sampaikan Bahaya Berita Hoax di SMPN 8 Pangkalpinang
Bangkapos/agus nuryadhyn
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pangkalpinang Donal Tampubolon menyampaikan sosialisasi kepada siswa SMPN 8 Pangkalpinang. 

BANGKAPOS. COM, BANGKA--Dinas Komunikasi dan Informatika Pangkalpinang menggelar sosialisasi Literasi Digital kepada siswa Sekolah Menengah Pertama di Pangkalpinang.

Kegiatan Cerdas dan Bijak Bermedia Sosial serta Siap Menjadi Generasi Anti Hoax bagi Pelajar dihadiri langsung Kepala Dinas komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang, Donal Tampubolon, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Zulfahmi, serta bebrapa staf berlangsung di SMPN 8 Pangkalpinang, Selasa (27/11).

Dihadapan siswa, Donal Tampubolon menjelaskan yang paling banyak membuat berita hoax adalah generasi X sedangkan yang menyebarkan pada generasi milenial.

Hal ini perlu disampaikan kepada siswa menurut Donal adalah bahaya. Karena mereka mendapatkan berita tidak
disaring, namun langsung disebarkan.

"Anak-anak generasi muda Inginnya yang menjadi pertama dapat berita maupun gambar yang disebarkan kepada teman-temannya," ungkap Donal.

Dikemukakan Donal bahwa mereka yang menyebarkan melalui media sosial itu tidak sadar bahwa informasi yang diterimanya tidak dijamin kebenarannya.

"Hal ini yang menyebabkan terjadi mengenai informasi yang tidak benar beredar di masyarakat," ujarnya.

Donal juga memberitkan tips kepada siswa untuk mengenali berita hoax.
Dijelaskannya, mengenai berita yang tidak benar itu ada ciri-cirinya.

Namun yang paling banyak, cirinya untuk diviralkan.

"Kalau ada menerima berita viralkan, jangan langsung diviralkan karena tidak dijamin kebenarannya. Sehingga hal inilah yang banyak terjadi informasi tidak benar beredar di masyarakat," kata Donal.

Halaman
12
Penulis: agusrya
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved