Begini Tanggapan Pelaku Usaha Terkait Rencana Cukai Kantong Plastik

Baru tahu jika plastik akan dikenai cukai, selama ini pelanggan kalo belanja saya kasih plastik putih

Begini Tanggapan Pelaku Usaha Terkait Rencana Cukai Kantong Plastik
Bangkapos/Yudha Palistian
Pelanggan yang sedang berbelanja disebuah minimarket . 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --Beberapa pelaku usaha hingga pemilik minimarket menanggapi terkait cukai yang akan dikenakan pada kantong plastik.

Pemilik Sebuah Mini market dikawasan Bukit Merapin, Pangkalpinang, Lia,  mengatakan bahwa jika hal tersebut segera diterapkan yang pasti harga kantong plastik dari distributor akan semakin mahal.

"Disini memang biasanya pelanggan  berbelanja dikasih kantong plastik secara gratis," ungkapnya kepada Bangkapos, Rabu (28/11/2018).

Ia menambahkan, sejauh ini kan belum ada info lebih jelas  dari pemerintah mengenai cukai tersebut tetapi harga plastik yang ia beli dari distributor masih dengan harga seperti umumnya.

Senada dengan itu,  pengusaha gorengan di kawasan jalan baru, pangkalpinang,  Joko, mengutarakan bahwa baru mengetahui tentang cukai ini.

"Baru tahu jika plastik akan dikenai cukai,  selama ini pelanggan kalo belanja saya kasih plastik putih," ungkapnya.

Joko pun menambahkan, jika peraturan itu segera diterapakan terpaksa dirinya harus menggantikan bungkus gorengan dengan koran bekas untuk mengurangi biaya produksi yang mahal.

Sedangkan baru-baru ini,  Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus melakukan pembahasan terkait pengenaan cukai pada kantong plastik disebabkan ada paus mati di wakatobi diduga memakan plastik.

Sehingga penerapan cukai plastik pun makin gencar dibahas oleh pihak pemerintahan,  kita tunggu saja hasil dari pemerintah pusat mengenai cukai plastik ini.(Bangkapos/Yudha Palistian)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved