Bupati Bangka Nilai IPAL Komunal Penting Bagi Masyarakat di Kawasan Padat Penduduk

Pembangunan Ipal Komunal ini sanitasi di kawasan pemukinan masyarakat Desa Labu dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat

Bupati Bangka Nilai IPAL Komunal Penting Bagi Masyarakat di Kawasan Padat Penduduk
bangkapos/nurhayati
Bupati Bangka Mulkan saat penandatanganan prasasti serah terima Ipal Komunal Perpipaan KSM Sinar Kenaka, Senin (2/12/2018) di Desa Labu, Kecamatan Puting Besar. 

BANGKAPOS.COM -- Bupati Bangka Mulkan menilai Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal sangat penting terutama bagi masyarakat yang berada dikawasan padat penduduk.

Menurutnya jika tidak ada IPAL komunal dikawasan padat penduduk akan menimbulkan dan rentan terjadinya permasalahan atau perselisihan antar masyarakat.

Untuk itu ia memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses pembuatan Ipal Komunal di Desa Labu ini.

Kegiatan ini merupakan program Sanitasi berbasis masyarakat (Sanimas) Tahun 2018. Dimana Sanimas merupakan penyediaan prasarana air limbah bagi masyarakat.

Dengan konsep pemberdayaan masyarakat untuk menjadikan masyarakat aktor utama dalam proses perencanaan, pembangunan, operasional dan pemeliharaan fasilitas sanitasi komunal, dengan tujuan agar fasilitas yang terbangun dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan.

Mulkan menyarankan agar dalam proses pembangunan Ipal Komunal maupun sarana prasaran pedesaan lainnya harus mempertimbangkan berbagai hal terutama lokasi pembangunan, sehingga pembangunan tidak terjadi permasalahan dengan kepentingan masyarakat banyak.

"Tempat pembangunan harus diutamakan agar tidak berbenturan dengan masyarakat. Jangan sampai prorgram pemerintah pusat yang sudah terprogram dengan matang batal ataupun terjadi gejolak ditengah masyarakat kita. Jadi harus komunikasi terlebih dahulu dengan masyarakat. Kedepankan partisipasi publik. Jangan semata-mata keingin kepala desa ataupun perangkat desa lainya," tegas Mulkan melalui rilis yang disampailan Humas dan Protokol Setda Bangka kepada bangkapos.com, Senin (1/12/2018) pada serah terima Ipal Komunal Perpipaan KSM Sinar Kenaka Desa Labu, Kecamatan Puting Besar.

Dikatakannya dengan adanya pembangunan Ipal Komunal ini sanitasi di kawasan pemukinan masyarakat Desa Labu akan semakin baik sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

"Kami berharap dengan telah dibangunnya Ipal Komunal ini, kepada seluruh masyarakat Desa Labu agar dapat menjaganya secara bersama-sama. Karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama, mari kita jaga dan rawat bersama," pesan Mulkan.

Peresmian Ipal komunal KSM Sinar Kenaka ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penguntingan pita oleh Bupati Bangka.

Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved