Bupati Bateng Kukuhkan Pengurus Baru FSSS, Langsung Bergerak Usai Dilantik

Bupati Bangka Tengah, DR Ir H Ibnu Saleh, MM secara resmi mengukuhkan dan melantik Forum Selawang Segantang Sehat (FSSS).

Bupati Bateng Kukuhkan Pengurus Baru FSSS, Langsung Bergerak Usai Dilantik
Istimewa
Pengukuhan Forum Selawang Segantang Sehat. 

BANGKAPOS.COM, KOBA - Bupati Bangka Tengah, DR Ir H Ibnu Saleh, MM secara resmi mengukuhkan dan melantik Forum Selawang Segantang Sehat (FSSS) bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Bangka Tengah,Jumat (10/8).

Dalam sambutannya, Bupati menjelaskan pentingnya peran masyarakat, lintas organisasi, tokoh agama, tokoh pemuda dan pihak swasta untuk berperan serta dalam menjalankan Program Kabupaten Sehat bersama-sama Pemkab Bateng.

Bupati juga menekankan kepada seluruh OPD untuk mensupport, baik dalam bentuk program maupun anggaran.

Ia juga berpesan kepada Pengurus FSSS yang baru dilantik untuk segera melebarkan sayap dengan membentuk Forum Komunikasi di setiap Kecamatan dan Pokja Desa di Kabupaten Bangka Tengah.

“Saya minta seluruh OPD menganggarkan untuk Program Kabupaten Sehat ini. Seluruh OPD harus saling bersinergi dengan forum yang sudah kita bentuk ini. Jadi bukan hanya kita bentuk-bentuk saja forum ini, tetapi outputnya yang harus jelas.

Seluruh OPD, pihak kecamatan, dan pihak peme­rintah desa adalah bagian dari pembina forum, maka lakukanlah tugas pembinaan ini dengan sebaik-baiknya. Bentuk segera kepengurusan forum di kecamatan dan desa-desa/kelurahan se-kabupaten.

Kita jalankan program yang mempunyai tujuan mulia ini dengan sungguh-sungguh. Saya optimis jika kita saling bahu membahu, cita-cita untuk mewujudkan Bangka Tengah sebagai Kabupaten yang Sehat dan Unggul akan segera tercapai,” ucap Bupati dengan penuh harap.

Sementara itu sehari setelah dilantiknya sebagai Ketua FSSS 2018-2021, Ricky Amanda bersama Tim Forum dan Tim Pembina Kabupaten bergerak cepat dengan segera mensosialisasikan Program Kabupaten Sehat ke seluruh kecamatan se-Kabupaten Bangka Tengah.

Ricky menjelaskan sosialisasi tersebut harus dilakukan guna menjelaskan maksud dan tujuan Kabupaten Sehat tersebut.

“Kabupaten Sehat ini bukan suatu hal yang baru. Saya lihat tahun 2010 pun sebenarnya sudah ada pembentukan forum. Hanya saja ketika saya tanyakan kepada masyarakat kita, ternyata hampir rata-rata tidak mengetahui apa itu yang dimaksud Kabupaten Sehat. Bagaimana mungkin kita membentuk forum kecamatan dan pokja di setiap desa apabila masyarakat kita sama sekali tidak mengetahui apa yang dimaksud Kabupaten Sehat beserta maksud dan tujuan mulia di dalamnya,” ujar Ricky.

Lebih lanjut, pemuda asal Koba ini mengatakan ditugaskan oleh Bupati Bangka Tengah untuk membenahi dan mengaktifkan kembali FSSS yang sempat terjadi kevakuman tersebut. Ricky juga menjelaskan arti sehat yang dimaksud dalam Program Kabupaten Sehat tersebut.

“Sehat yang dimaksud dalam Program Kabupaten Sehat ini bukan sekedar sehat fisik saja atau terbebas dari penyakit seperti diabetes, demam, batuk dan lain-lain. Tetapi sehat disini penjabarannya jauh lebih luas yaitu sehat secara fisik, mental, spiritual, sosial, budaya dan ekonomi.

Jadi misalnya kemarin kita kunjungi masyarakat yang mendapatkan rumah layak huni, mendata masyarakat yang juga layak untuk diprioritaskan di tahun berikutnya, bergotong royong, mengurusi beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu untuk mendapat bantuan pendidikan, me­ngunjungi UMKM masyarakat untuk mendengar keluhan, dan masih banyak lagi. Itu semua kita lakukan, dan semua itu kita laporkan kepada Bupati dengan data yang valid.

Alhamdulillah beliau (Bupati Bateng) justru merasa sangat terbantu dan beliau sangat responsif. Jadi maksud saya, yang kita kerjakan itu semua bagian dari Program Kabupaten Sehat, luaskan penjabarannya dan beratkan tugasnya,” jelas Ricky sembari tersenyum.

Forum Selawang Segantang Sehat (FSSS) dibentuk untuk mewujudkan visi terwujudnya Negeri Selawang Segantang yang sehat, sejahtera dan berkeadilan melalui pembangunan kesehatan dengan partisipasi masyarakat serta berwawasan lingkungan yang sehat. (adv/may)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved