Kapolda Babel Kunjungi Bangka Pos, Ajak Media dan Polri Bersinergi Tangkal Hoax

Kapolda Bangka Belitung, Brigjen Pol Istiono, mengatakan peran media memiliki andil besar dalam menciptakan suasana kondusif

Kapolda Babel Kunjungi Bangka Pos, Ajak Media dan Polri Bersinergi Tangkal Hoax
Bangkapos/irakurniati
Kunjungan Kapolda Babel dan jajarannya ke Bangka Pos Group, Senin (3/12/2018) 

BANGKAPOS.COM  - Kapolda Bangka Belitung, Brigjen Pol Istiono, mengatakan peran media memiliki andil besar dalam menciptakan suasana kondusif, terlebih saat ini pemberitaan-pemberitaan yang mengacu pada provokasi dan hoaks. Media menjadi ujung tombak menyaring informasi yang dikemudian dibagikan kepada masyarakat. Pernyataan ini disampaikan Kapolda saat mengunjungi Bangka Pos Group, Senin (3/12/2018).

Kapolda berkunjung ke Bangka Pos Group didampingi pejabat Polda Babel, dan disambung hangat oleh General Manager Bangka Pos Group, Daryono bersama Pemimpin Redaksi, Taufik Juwariyanto dan staf redaksi Bangka Pos.

"Media sahabat terdekat kita dalam bekerja. Era saat ini yang ditandai dengan informasi melalui digital, satu-satunya yang bisa menjawab tantangan saat ini yakni media." kata Brigjen Pol Istiono.

Dalam pertemuan ini, Brigjen Pol Istiono mengungkapkan keinginannya mengadakan dialog-dialog publik yang bekerjasama dengan media. Dialog ini rencananya disajikan satu kali dalam seminggu, dengan topik untuk menjadikan Bangka Belitung semakin maju.

Dirinya berharap, media dan Polri kedepannya semakin menjadi bersinergi dalam memberikan informasi yang terverifikasi dan terpercaya agar semakin menciptakan Bangka Belitung yang damai.

Kunjungan Kapolda Babel dan jajaran ke Bangka Pos Group, Senin (3/12/2018)
Kunjungan Kapolda Babel dan jajaran ke Bangka Pos Group, Senin (3/12/2018) (Bangkapos/irakurniati)

Pemimpin redaksi Bangka Pos, Taufik Juwariyanto, menuturkan perkembangan media sosial sangat pesat saat ini. Publik dapat mengakses semua informasi melalui media sosial. Namun tak jarang, ada yang membagikan informasi atau berita dari akun-akun yang belum tentu memiliki nilai kebenaran. Hal ini lah yang menjadi tantangan media mainstream, khususnya bersinergi dengan kepolisian dalam menangkal informasi hoax yang beredar.

"Tugas kami sebagai media mainstream inilah sebagai filter terakhir. Meyakini kepercayaan publik. Dan untuk itu harus lurus menjaga integritas agar kepercayaan publik tetap terjaga." ujar Taufik.

Ia berharap, kepercayaan publik tetap terjaga melalui infomasi yang disebar melalui Bangka Pos Group. Dirinya pun meyakini, akan berbenah dalam hal internal media agar dapat menyajikan informasi akurat dan tetap menjadi pilihan nomor satu di Bangka Belitung.

Dalam pertemuan ini pun, AKBP Maladi, selaku Kabid Humas Polda Babel, juga menyampaikan, Polda dan jajaran memiliki tim cyber crime, untuk melacak maupun menghentikan informasi provokasi atau hoax yang disebarkan di wilayah Babel. 

"Tahun ini ditambah untuk fungsi multimedia. Agar media-media ada yang mengawasi, biar tidak liar dalam memberitakan. Terutama hoax dan provokasi." tutupnya.

Usai ramah tamah yang berlangsung di ruang rapat Bangka Pos, Kapolda Babel menyerahkan cinderamata kepada GM Bangka Pos Group. 

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved