Peringati HKN Ke-54, Dinkes Babar Pererat Silaturahmi Melalui Germas

Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat (Babar) merayakan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 di Desa Paradong.

Peringati HKN Ke-54, Dinkes Babar Pererat Silaturahmi Melalui Germas
Bangka Pos
Wakil Bupati Bangka Barat Markus saat peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 di Desa Paradong Kecamatan SimpangTeritip, Kabupaten Bangka Barat, Kamis (29/11). 

BANGKAPOS.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat (Babar) merayakan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 di Desa Paradong Kecamatan SimpangTeritip, Kabupaten Bangka Barat, Kamis (29/11).

Mengusung tema ‘Ayo Hi­dup Sehat, Mulai Dari Kita’, kegiatan ini diawali dengan senam bersama yang diikuti pegawai Dinas Kesehatan setempat, perwakilan Dinkes Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, puskesmas, pelajar dan masyarakat di lingkungan Paradong.

Ratusan masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini, apalagi panitia menyediakan buah dan susu kedelai yang dikemas sedemikian rupa untuk mendukung Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Kepala Dinas Kesehatan Bangka Barat, H Achmad Syaifuddin menerangkan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menetapkan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga.

Penyelenggaraan program ini dilihat berdasarkan 12 indikator utama sebagai penanda status sebuah keluarga, diantaranya keluarga mengikuti program keluarga berencana, ibu melaksanakan persalinan di fasilitas kesehatan. Kemudian bayi mendapatkan imunisasi dasar lengkap, bayi mendapatasi eksklusif, balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan, termasuk juga keluarga menggunakan jamban sehat dan lain sebagainya.

“Dalam kegiatan HKN di Babar ke-54 bertempat di Desa Paradong ini, Dinkes memberikan pelayanan kese­hatan gratis, pemeriksaan penyakit tidak menular serta gigi dan mulut, demo masak menu balita, bazar germas, pameran produk Toga, donor darah, pendaftaran peserta BPJS Kesehatan, penyerahan bingkisan pemberian makanan tambahan kepada ibu dan balita, penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan, hingga penyerahan mobil ambulans kepada Pus­kesmas Muntok dan Sekar Biru,” jelasnya.

Disisi lain Achmad menambahkan, penanganan stunting sudah dilakukan beberapa kegiatan, seperti pelayanan kesehatan dokter spesialis anak juga kandungan dan kebidanan, pemeriksaan sampel air, riset penyebab stunting bekerjasama dengan Poltekas Yogyakarta serta komitmen dengan organisasi perangkat daerah.

Sementara Wakil Bupati Bangka Barat, Markus menyampaikan, HKN ini dapat dijadikan momentum dalam melaksanakan pembangunan dibidang kesehatan di Bangka Barat dan mendukung Indonesia Sehat serta Germas.

Dia juga menginstruksikan dan mengajak jajarannya untuk meningkatkan kualitas dalam memberikan pelaya­nan kepada masyarakat, serta bersinergi dengan seluruh stakeholder sehingga tercipta kualitas lingkungan yang sehat.

“Sesuai dengan Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2017 tentang Germas, de­ngan fokus kegiatan tahun lalu adalah melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah serta pemeriksaan kesehatan secara rutin,” jelas Markus.

Diapun berharap melalui kegiatan Indonesia Sehat dan Germas ini keluarga terlebih masyarakat berupaya membangun kemandirian dalam menjalankan hidup sehat.

“Akhir dari upaya ini adalah meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat yang se­tinggi-tingginya sehingga tercipta masyarakat yang produktif dalam membangun khususnya menuju Babar Hebat 2021,” tuturnya. (adv/n7/may)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved