BPJS Kesehatan Perkenalkan Aplikasi OSS Pada Perusahaan di Babel, Ini Manfaatnya

OSS diterapkan pemerintah sejak Juli 2018 untuk memudahkan administrasi perusahaan.

BPJS Kesehatan Perkenalkan Aplikasi OSS Pada Perusahaan di Babel, Ini Manfaatnya
BANGKA POS/ DEDY Q
BPJS Kesehatan mensosialisasikan aplikasi OSS kepada kepesertaan PPU Badan Usaha Progam JKN-KIS BPJS Kesehatan di Kota Pangkalpinang, Rabu (5/12/2018). Sosialisasi digelar di ruang pertemuan Rumah Makan Pagi Sore, Jalan Koba, Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kantor wilayah Bangka Belitung (Babel) terus mensosialisasikan aplikasi Online  Single Submission (OSS) kepada perusahaan-perusahaan di Babel pada Rabu (5/12/2018) di ruang pertemuan Rumah Makan Pagi Sore, Jalan Koba. Sosialisasi disampaikan kepada sejumlah perwakilan perusahaan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Pangkalpinang.

Relationship Officer BPJS Kesehatan kanwil Babel, Rachmad Ryo Nugraha mengatakan, OSS diterapkan pemerintah sejak Juli 2018 untuk memudahkan administrasi perusahaan. Bagi BPJS Kesehatan, aplikasi OSS berguna untuk memudahkan perusahaan-perusahaan mendaftarkan para pekerjanya sebagai penerima manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan.

Aplikasi ini memungkinkan perusahaan memiliki akun yang akan mengakomodir segala administrasi dan pembayaran iuran kepesertaan BPJS Kesehatan para karyawannya.

"Sehingga perusahaan tidak perlu ke kantor lagi kalau mau mendaftarakan karyawannya. Sederhananya, perusahaan yang mengadminsitrasi sendiri pendaftaran hingga pembayaran premi kepesertaaan karyawan meraka," kata Ryo kepada Bangka Pos seusai sosialisasi tersebut.

Dia mengatakan, karena terhitung baru terintegrasi, baru sedikit perusahaan yang sudah menerapkan aplikasi OSS ini. Karena itu, sosialisasi serupa juga akan digelar di kabupaten lain di Babel.

"Ke depannya harus pakai OSS semua, karena perusahaan, baik PT, CV sama perusahaan perorangan, kalau urus izin, mereka harus pakai OSS semua," ucapnya.

Ryo mengatakan, OSS juga berguna bagi BPJS Kesehatan untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC). Aplikasi OSS diharapkan membuat pendaftaran kepesertaaan BPJS Kesehatan menjadi semakin mudah.

"Sehingga tidak ada alasan mau antre di kantor BPJS, segala macam. Ini untuk memudahkan perusahaan sendiri. Sosialisasi serupa juga akan kami lakukan kepada perusahaan dan OPD terkait di kabupaten-kabupaten lain di Babel," ucap Ryo.

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved