Himpsi Babel Baru Terbentuk Diharapkan Segera Ambil Peran di Masyarakat

Setelah dua tahun proses persiapan akhirnya Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Wilayah Bangka Belitung akhirnya terbentuk

Himpsi Babel Baru Terbentuk Diharapkan Segera Ambil Peran di Masyarakat
Bangka Pos / Krisyanidayati
Pelantikan pengurus Himpsi Wilayah Babel 2018-2022 yang berlangsung di Aula Utama Kantor TP PKK Babel, Rabu (5/12/2018). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Setelah dua tahun proses persiapan akhirnya Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Wilayah Bangka Belitung akhirnya terbentuk pada, Rabu (29/11/2018).

Pembentukan Himpsi ini juga dibarengi dengan pelantikan pengurus Himpsi Wilayah Babel 2018-2022 yang berlangsung di Aula Utama Kantor TP PKK Babel, Rabu (5/12/2018).

Pengurus Himpsi Wilayah Babel yang diketuai oleh Risaldi adhari dilantik langsung oleh Ketua Umum Himpsi Pusat, Dr Seger Handoyo yang disaksikan langsung oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Syahruddin, dan ketua Himpsi Sumsel Muhammad Uyun.

Ketua Umum Himpsi Pusat Dr Seger Handoyo mengatakan tiga harapan bagi Himpsi Babel yakni secara internal diharapkan dapat mempererat persaudaraan antar sarjana psikologi, ilmuwan psikologi, dan psikologi. Untuk mempermudah kepengurusan keanggotaan di organisasi.

"Kami berharap betul teman-teman psikolog bisa memberikan sumbangan yang lebih besar bagi masyarakat, lembaga pemerintah dan kepentingan seluruh stakeholder," katanya.

Himpsi tidak hanya menangani orang-orang gangguan dan stres, tapi juga memiliki peran dan kewenangan diberbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, politik pemerintahan, olahraga dan lainnya.

Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Syahruddin mengatakan Pemprov Babel mendukung sepenuhnya organisasi ini untuk percepatan pembangunan sumberdaya manusia khususnya di daerah Babel.

"Silahkan ambil peran, audiensi dengan pak gubernur dan progran yang akan dilakukan. Terus terang dengan psikolog kita belum terlalu familiar. Kecenderungan masyarakat kita kalau ada masalah tertentu yang butuh pendampingan perginya ke dukun dan konsultasi dengan dukun," katanya.

Ia berharap anggota dan pengurus Himpsi Babel dapat mensosialisasikan peran dan fungsinya, sehingga kehadirannya betul-betul dirasakan masyarakat, terutama yang membutuhkan pendampingan.

Ketua Himpsi Babel, Risaldi adhari mengatakan proses yang cukup panjang untuk membentuk Himpsi Babel.

"Dengan terbentuknya Himpsi Babel bisa mengakomodir dan mempermudah keinginan teman-teman yang bergerak dibidang psikologi," katanya.

Ia menyebutkan, tak jarang stakeholder kesulitan mencari sumber daya manusia di bidang psikologi karena tidak terkoordinir.

"Sudah banyak kegiatan psikologi yang dilakukan di Babel, yang terakhir dibawah Trauma Hilling kepada keluarga Lion Air dan teman-teman psikolog melakukan home visit untuk mengurangi beban yang dirasakan. Dulunya, tidak terkoordinir dan mudah-mudahan dengan Himpsi bisa mempermudah kita semua, dan tentunya butuh support stakeholder," katanya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved