Jadikan Muntok Kota Sejarah, Berikut RIRD KSPP Muntok

Dinas Pariwisata Babel telah membuat Rencana Induk Rencana Detail (RIRD) Kawasan Strategis Pariwisata Provinsi (KSPP) Muntok

Jadikan Muntok Kota Sejarah, Berikut RIRD KSPP Muntok
Dokumen Bangka Pos
Kepala Dinas Pariwisata Babel, Rivai. 

BANGKAPOS.COM - Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah membuat Rencana Induk Rencana Detail (RIRD) Kawasan Strategis Pariwisata Provinsi (KSPP) Muntok, yang akan dikembangkan menjadi kota sejarah.

Ada delapan kawasan pariwisata KSPP Muntok dan sekitarnya yang akan dikembangkan meliputi kota tua Muntok, bukit Menumbing, Tanjung kalian -Batu Rakit, Tanjung Ular, Smelter Timah, Tempilang, Kelapa dan Jebus.

Kepala Dinas Pariwisata Babel, Rivai mengatakan pusat pelayanan pariwisata utama KSPP Muntok dan sekitarnya terletak di klaster Eropa di area BTW- Gedung Concordia - masjid - taman Yuliana dan sekitarnya.

Untuk pengembangan produk wisata di kawasan kota tua Muntok meliputi wisata sejarah, wisata budaya kehidupan masyarakat Kota Tua Muntok seperti pasar tradisional, aktivitas nelayan di Pelabuhan dan Pasar Ikan, seni budaya dan olahraga tradisional. Wisata Kuliner kota 1000 kue dengan komponen produk pangan khas Muntok. Night Culinary komponen produk dari pangan khas Muntok dan Kuliner Laut khas Cina.

Pengembangan produk wisata Bukit Menumbing yaitu wisata sejarah paska kemerdekaan dengan komponen produk yang terdiri dari Pesanggerahan Menumbing dan Ekowisata-Hiking dan edurekreasi flora-fauna herbal dari Taman Hutan Raya Gunung Menumbing.

Untuk kawasan Tanjung Kalian- Batu Rakit meliputi wisata sejarah kesultanan Palembang dan Perang Dunia II/ dengan produk mercusuar dan monumen tenggelamnya kapal sekutu dan rekreasi alam pantai.

Rencana pengembangan kawasan Tanjung Ular yaitu wisata sejarah tentan tenggelamnya kapal sekutu dan rekreasi alam pantai dan geowisata pantai.

"Untuk pengembangan produk wisata di kawasan smelter timah meliputi edurekreasi timah dengan komponen produk yang terdiri dari pabrik smelter," kata Rivai disela-sela Focus Group Discussion tentang pembahasan Rancangan Peraturan Gubernur Tentang Rencana Induk Rencana Detail (RIRD) Kawasan Strategis Pariwisata Provinsi (KSPP) Muntok dan Sekitarnya tahun 2018, di Bangka City Hotel, Kamis (6/12).

Sedangkan untuk pengembangan produk wisata di Tempilang yakni wisata sejarah Benteng Kota Tempilang, wisata budaya tradisi perang ketupat, wisata kuliner olahan laut. Untuk kawasan kelapa meliputi rest area dengan dengan komponen wisata kuliner dan cinderamata. Untuk kawasan Jebus meliputi wisata alam dan wisata budaya.

Lokasi prioritas pengembangan KSPP Muntok yakni Muntok Gateway, Segitiga Kelenteng-Masjid, Kawasan Pelabuhan Lama, Oriental Central Business District (CBD), Kampung Melayu, dan Muntok Waterfront City,

"Dalam RIRD ini terdapat langkah strategis, pengendalian banjir, penyusunan regulasi pengelolaan limbah ke aliran sungai dan laut, dan pemanfaatan bekas lahan tambang," ujarnya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved