Bahar Buasan Ajak Warga Kampanye Santun untuk Ciptakan Demokrasi Sehat

Bahar Buasan selaku Anggota DPD RI Dapil Babel mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai politisasi agama

Bahar Buasan Ajak Warga Kampanye Santun untuk Ciptakan Demokrasi Sehat
Bangka Pos
Bahar Buasan Ajak Warga Kampanye Santun untuk Ciptakan Demorkasi Sehat 

BANGKAPOS.COM --  Bahar Buasan selaku Anggota DPD RI Dapil Babel mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai politisasi agama yang bisa terjadi menjelang tahun politik.

Menurutnya, hal tersebut berpotensi mencederai demokrasi dan mengancam perdamaian antar umat beragama.

"Politisasi tentang agama merupakan manipulasi pemahaman dan pengetahuan mengenai agama. Waspadai adanya politisasi agama demi terciptanya demokrasi yang sehat," kata Bahar Buasan, Pangkalpinang Jum'at (7/12/2018).

Bahar Buasan menjelaskan, agama merupakan suatu hak asasi manusia yang sifatnya sakral, tak boleh dinodai oleh kepentingan-kepentingan tertentu.

Terlebih, untuk kepentingan meningkatkan perolehan suara.

"Agama itu merupakan hak setiap warga, sifatnya sangat sakral yang merupakan kebebasan sipil yang dijamin oleh konstitusi. Namun, ditengah kontestasi politik yang tidak sehat semua kebebasan sipil itu bisa dieksploitasi untuk sebuah kepentingan," ucapnya.

Ia menambahkan, dalam proses demokrasi seharusnya memperlakukan setiap warga secara sama, tanpa mempertimbangkan agama, etnis dan ras.

Semuanya memiliki kesempatan yang sama dalam menduduki semua jabatan yang ada dalam pemerintah.

"Dalam proses demokrasi setiap warga memiliki kesempatan yang sama untuk menduduki jabatan tertentu, tanpa melihat agama, etnis dan ras. Sepatutnya, tidak mencampurkan urusan agama dengan demokrasi. Karena politisi yang membawa isu agama untuk mendulang suara akan merugikan dirinya sendiri," tutur Bahar Buasan.

Ia berharap, masyarakat Babel tidak mudah terprovokasi dengan kemungkinan adanya politisasi agama menjelang tahun politik 2019.

Hal itu demi terjaganya perdamaian antar umat beragama yang selama ini terjaga.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved