Daya Listrik di Belitung Masih Surplus 32 MW

Daya listrik PT PLN (persero) UP3 Belitung masih mengalami surplus sebesar 32 megawatt.

Daya Listrik di Belitung Masih Surplus 32 MW
Bangka Pos / Dede Suhendar
Manajer PT PLN (persero) UP3 Belitung Joko Nur Astanto 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Daya listrik PT PLN (persero) UP3 Belitung masih mengalami surplus sebesar 32 megawatt.

Berdasarkan kapasitas seluruh pembangkit memiliki total daya 75 megawatt sedangkan beban puncak maksimal yang pernah dicapai 43 megawatt.

"Beban puncak pemakaian listrik di Belitung dan Beltim ini terjadi pada malam hari sekitar pukul 19.00 WIB‎ dengan daya 43 megawatt, daya mampu kami 75 megawatt jadi masih ada margin sekitar 32 megawatt. Itu yang kami promosikan kepada investor yang mau membangun di sini," ujar Manajer Area PT PLN UP3 Belitung Joko Nur Astanto kepada posbelitung.co, Kamis (6/12/2018) sore lalu.

Sementara itu, untuk pembangkit listrik dimulai dari PLTU dengan daya 33 megawatt, PLTD 25 megawatt yang tersebar di Tanjungpandan, Manggar dan Desa Padang. Ditambah pembangkit Independent Power Producer (IPP), Austindo, Bio Gas dan Bio Mas.

Bahkan BUMD akan mengelola satu pembangkit baru berbasis CPO yang bekerjasama dengan PLN dan direncanakan masuk Desember 2018 sebesar 5 Megawatt.

"Nah pembangkit itu akan mendukung energi primier di Belitung. Intinya kami siap mendukung pembangunan di Belitung ini," katanya.

Pria yang akrab disapa Tatan itu mengatakan berbicara pemasaran, bisa dikatakan cukup bagus. Mengingat pertumbuhannya mencapai angka delapan persen dalam kurun 2018.

Sedangkan sektor yang mendominasi mulai dari industri dan perhotelan.

"Nanti kan ada pembangunan kawasan industri Suge di Kecamatan Badau. Sekarang sudah ada dua pabrik yang akan kami listriki yaitu pabrik biji plastik dan assembling ditambah pabrik lainnya di tahun depan," ungkapnya.

Demi mendukung pembangunan di Pulau Belitung, PT PLN (persero) akan terus berupaya menambah pembangkit. Berdasarkan rencana pada 2020, pihaknya akan fokus di wilayah Belitung Utara, dimana PLN akan membangun gardu induk khusus.

Ditambahkan dukungan transmisi 70 KV ke Belitung.

"Seiring dengan perkembangan kami juga harus menghitung, lima tahun mendatang listrik ini cukup apa tidak. Karena penambahan pembangkit juga butuh waktu," katanya.(*)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved