Syahbudin: Jumlah Penduduk Besar Tidak Jadi Kekuatan, Jika SDM Tidak Berkualitas

peningkatan jumlah penduduk yang semakin banyak harus disertai dengan kualitas sumber daya manusia yang memadai

Syahbudin: Jumlah Penduduk Besar Tidak Jadi Kekuatan, Jika SDM Tidak Berkualitas
Bangkapos/Nurhayati
Kegiatan rapat kader koordinasi keluarga berencana PKB/PLKB dan rapat bulanan pegawai DP2KBP3A Kabupaten Bangka, Jumat(7/12/2018) di Gedung Sepintu Sedulang Sungailiat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Wakil Bupati Bangka Syahbudin menyatakan jumlah penduduk yang besar jika tidak disertai kualitas maka akan menjadi beban bagi pembangunan.

Namun jumlah penduduk yang terkendali dengan kualitas sumber daya manusianya akan menjadikan negara yang unggul dan berdaya saing.

Oleh karena itu, menurutnya peningkatan jumlah penduduk yang semakin banyak harus disertai dengan kualitas sumber daya manusia yang memadai. 

"Dengan jumlah penduduk yang besar tidak selalu menjadi kekuatan pembangunan bila tidak disertai SDM yang berkualitas," jelas Syahbudin saat membuka rapat kader koordinasi keluarga berencana PKB/PLKB dan rapat bulanan pegawai DP2KBP3A Kabupaten Bangka, Jumat(7/12/2018) di Gedung Sepintu Sedulang Sungailiat.

Disampaikannya, melalui program keluarga berencana bisa turut membantu pengaturan jumlah penduduk yang ada sehingga tidak terjadi ledakan penduduk yang akan mempengaruhi  berubahan kehidupan sosial yang berubah seperti kebutuhan pendidikan, kesehatan, tenaga kerja, sandang, pangan, papan dan keamanan.

Berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang urusan pemerintahan maka pembagian urusan pemerintah di bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana diserahkan kepada daerah.

Untuk itu ia mengharapkan keseriusan dan kerja keras instansi terkait guna meningkatkan keikutsertaan KB baru dan KB aktif serta meningkatkan jangkauan pelayanan melalui klinik pemerintah dan fasilitas kesehatan lainnya.

"Kita terus menerus mensosialisasikan program KB, meningkatkan kemampuan kader dan penyuluh KB. Hal ini sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan kependudukan dan keluarga berencana,"  kata Syahbudin.(Bangkapos/Nurhayati)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved