Bahar Buasan Ingatkan Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak

Bahar mengatakan bahwa pondasi terpenting bagi anak adalah karakter. Hal ini dibentuk dengan memberi edukasi afektif dan kognitif.

Bahar Buasan Ingatkan Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak
Bangka Pos
Bahar Buasan Ingatkan Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak 

BANGKAPOS.COM -- Anggota DPD RI Dapil Bangka Belitung, Bahar Buasan mengingatkan pada guru maupun orang tua tentang pendidikan anak. Bahar menilai cara mendidik penting untuk membentuk karakter anak.

“Dunia pendidikan harus mendidik anak-anak kita untuk bisa menang di zamannya. Artinya bekal-bekal yang diberikan kepada anak-anak bukan bekal yang semata-mata pada pengalaman kita masing-masing di masa lalu, tetapi justru bekal yang dibutuhkan mereka di masa depan,” ujar Bahar Buasan, Sabtu (8/12/2018).

Bahar mengatakan bahwa pondasi terpenting bagi anak adalah karakter. Hal ini dibentuk dengan memberi edukasi afektif dan kognitif.

"Karakter bukan hanya soal ide, tetapi karakter itu dapat dibagi menjadi dua, karakter keimanan pada Tuhan dan karakter kinerja yaitu berfikir kritis, kerja keras, kemampuan untuk kreatif, komunikatif maupun kemampuan kerjasama," paparnya.

Dia menambahkan, karakter tersebutlah yang kemudian akan membekali anak-anak kedepan. Sebab, bagaimanapun katanya, karakter itu yang paling diunggulkan.

“Namun, bila hanya karakter saja sedang bekal yang lain tidak, maka dalam kompetisi-kompetisi belum tentu bisa dimenangkan. Aspek inilah yang tadi saya dorong untuk bisa menjadi perhatian terutama bagi mereka yang bergerak di dunia pendidikan,” lanjutnya.

Hal lain yang penting, kata dia, adalah pentingnya menumbuhkan kemampuan entrepreneurship, kemampuan berwirausaha, bergerak di bidang perekonomian.

“Kita menyadari kalau kita lihat sektor, ada sektor pemerintahan dan politik, ekonomi, bisnis dan ada sektor sosial,” ungkapnya.

Dari tiga sektor ini, menurut Bahar, yang mengalami perkembangan makin hari makin besar adalah sektor ekonomi dan bisnis. Di sektor inilah diperlukan lebih banyak lagi orang-orang yang memiliki kemampuan entrepreneur.

"Kita tahu, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, saat ini jumlah entrepreneurship di Babel semakin banyak, namun bagaimana upaya kita dan pemerintah untuk lebih mendidik masyarakat untuk melahirkan entrepreneurship yang berada pada kelas menengah keatas," pungkas Bahar Buasan.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved