Jangan Sampai Defisit Hutan dan Air, Bupati Bangka Ajak Masyarakat Menanam Pohon

"Melihat pertumbuhan manusia dimasa depan nanti bukan tidak mungkin akan mengalami defisit hutan hingga defisit air," ungkap Mulkan

Jangan Sampai Defisit Hutan dan Air, Bupati Bangka Ajak Masyarakat Menanam Pohon
bangkapos/nurhayati
Bupati Bangka Mulkan saat melakukan melakukan penanaman pohin buah-buahan pada peringatan hari menanam pohon, Sabtu (8/12/2018) di Desa Tiang Tara 

BANGKAPOS.COM -- Bupati Bangka mengajak masyarakat untuk melakukan penanaman pohon guna melestarikan hutan yang sekarang ini sudah banyak ditebang. Apalagi banyak hutan yang sudah dirambah oleh ilegal loging maupun ilegal mining.

"Melihat pertumbuhan manusia dimasa depan nanti bukan tidak mungkin akan mengalami defisit hutan hingga defisit air," ungkap Mulkan pada peringatan hari menanam pohon di Kabupaten Bangka kerjasama Pemerintah Kabupaten Bangka bersama Perangkat Desa Tiang Tara dengan PT Gemilang Cahaya Mentari, Sabtu (8/12/2018) di Hutan Desa Tiang Tara.

Diakuinya untuk di pedesaan masih banyak hutan alami sehingga tidak terjadi bnjair tetapi jika dibiarkan dan tidak ada kepedulian terhadap lingkungan untuk mereboisasi hutan maka bisa saja akan terjadi banjir.

Oleh karena itu menurutnya hutan yang lestari mempunyai peran yang nyata dalam meningkatkan ketersediaan air sepanjang tahun.

Hal ini dapat terjadi karena hutan memiliki fungsi utama sebagai pusat reservasi air alami yang dapat memproduksi air, mengatur aliran air, serta melindungi tanah dari bahaya erosi dan longsor. Fungsi alami hutan tersebut yang kemudian diadaptasi sesuai kebutuhan manusia dalam irigasi, ketahanan pangan hingga cadangan energi listrik.

Untuk itu dia memberikan apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat, kades, camat dan semua elemen atas kepedulian dan kesadaran untuk melestarikan hutan.

Mulkan juga berterima kasih kepada PT Gemilang Cahaya Mentari (GCM) sebagai pendukung kegiatan pelestarian hutan dengan melakukan penanaman pohon.

Pada kesempatan ini bupati juga memberikan penghargaan nominasi kalpataru penyelamat lingkungan yang diraih Masyarakat Desa Dalil yang telah melestarikan Hutan Adat Rimbe Mambang.

Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved