Pelaku UMKM Harus Bisa Manfaatkan Teknologi Untuk Penetrasi Pasar

Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga mengajak pelaku UKM untuk memanfaatkan teknologi dan e-commerce dalam melakukan penetrasi pasar

Pelaku UMKM Harus Bisa Manfaatkan Teknologi Untuk Penetrasi Pasar
Bangka Pos / Krisyanidayati
Menteri Koperasi dan UKM mengunjungi stand pelaku UMKM Babel, di Kawasan Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel, Minggu (9/12/2018) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga mengajak pelaku UKM untuk memanfaatkan teknologi dan e-commerce dalam melakukan penetrasi pasar.

Ia menyebutkan, pada masa revolusi industri tidak dinafikan teknologi memiliki peran dalam berbagai lini kehidupan, bahkan tak jarang mengubah perilaku berbelanja konsumen.

"Kalau dulu mau beli sate atau bakso harus ke warung, dengan revolusi industri ini kita cukup dengan hp, satenya datang. Kalau kita mau jualan buka warung, sekarang enggak perlu. Kalau dulu pengusaha taksi harus beli banyak mobil, sekarang pengusaha taksi yang sukses enggak punya mobil," katanya, pelantikan Internasional Council For Small Business (ICSB) di kawasan Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel, Minggu (9/12/2018).

Ia mengajak pelaku UMKM untuk memanfaatkan ini sebaik-baiknya, sehingga usaha yang dijalankan dapat semakin berkembang.

"Sudah banyak masyarakat yang di Indonesia yang sukses memanfaatkan ini. Lompatan teknologi dan potensi Babel ini kan switch mental dari minning ke pariwisata, potensinya bagus tinggal bagiamana me rebranding Babel kalau mau jadi daerah tujuan pariwisata," katanya.

Disinggung soal kesiapan UMKM untuk e-commerce, ia mengatakan ini memerlukan sinergi semua pihak.

"Tanya lah dinas koperasi dan UMKM secara global, para wali kota. Kita menyediakan wadah ICSB kalau ada kemauan kemandirian untuk exspor hasil produksi ada wadah," ujarnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved