Forum Anak Wadah Perjuangkan Hak-hak Anak

Forum Anak ini sebagai wadah untuk membahas, memberikan solusi, dan menampung aspirasi anak-anak.

Forum Anak Wadah Perjuangkan Hak-hak Anak
Bangka Pos
Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Rapat Advokasi dan KIE Kebijakan Forum Anak Babel di Ruang Rapat Tanjung Pesona, Senin (10/12). 

BANGKAPOS.COM - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Rapat Advokasi dan KIE Kebijakan Forum Anak Babel di Ruang Rapat Tanjung Pesona, Senin (10/12).

Advokasi dah KIE Kebijakan Forum Anak ini diikuti oleh perwakilan forum anak-anak dari tujuh kabupaten/kota yang ada di Babel. Kegiatan ini sekaligus pembentukan Pengurus Forum Anak Babel Bisa 2018-2020.

Forum Anak adalah organisasi anak yang dibina oleh pemerintah, untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah daerah dengan anak-anak sebagai upaya pemenuhan hak partisipasi anak.

Forum Anak ini sebagai wadah untuk membahas, memberikan solusi, dan menampung aspirasi anak-anak. Forum ini dikembangkan diberbagai jenjang administrasi pemerintahan dari tingkat desa hingga tingkat pusat.

Fokus pertemuan forum anak adalah upaya meningkatkan kapasitas anak di bidang penanaman nilai-nilai luhur budaya bangsa, nasionalisme, patriotisme, serta pengembangan karakter bangsa yang disampaikan dalam suasana bermain partisipasif dan rekreatif.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setda Babel, Syahrudin. Ia mengatakan forum anak merupakan mitra pemerintah untuk memenuhi hak anak dan wadah partisipasi anak.

"Saya menyambut baik kegiatan ini menjadi wadah untuk anak-anak berekspresi dan mengaktualisasikan diri untuk berprestasi. Kami sebagai orangtua hanya bisa mengarahkan. Saat ini banyak anak yang terjerumus pada hal-hal yang negatif, forum anak penting untuk menjadi wadah anak-anak," kata Syahrudin dalam sambutannya.

Ia menyebutkan, tujuh kabupaten/kota di Babel sudah terbentuk forum anak yang nantinya akan menyuarakan pemenuhan hak-hak anak dan kebutuhan anak.

"Kita perlu mengarahkan anak-anak yang berani, berbudi luhur, mana kalau nanti mereka akan menggantikan estafet kepemimpinan. Forum anak ini meningkatkan kapasitas anak dibidang nasionalisme, karakter bangsa yang disampaikan dalam suasana bermain dan partisipatif," ujarnya.

Kepala DP3ACSKB Babel, Susanti meminta pengurus baru yang dikukuhkan dapat melaksanakan kegiatan dengan sebaik-baiknya.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved