Jelang Akhir Tahun Pergerakan Tarif Transportasi Perlu Dikawal, Tekanan Inflasi Ikan Mereda 


Di penghujung tahun, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) perlu memperkuat koordinasi antar

Jelang Akhir Tahun Pergerakan Tarif Transportasi Perlu Dikawal,  Tekanan Inflasi Ikan Mereda 

Bangkapos/Yudha Palistian
Gedung Bank Indonesia 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bangka Belitung mencatat inflasi dibulan desember 2018 muncul dari kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan senilai 2,54%month to month (mtm).

Sedangkan untuk deflasi  tercatat  sebesar 0,14% (mtm) yang didorong oleh adanya dari kelompok bahan makanan sebesar 2,08% (mtm).

Kepala Bank Indonesia KP Bangka Belitung, Tantan Heroika,  mengatakan 
tekanan inflasi di bulan Desember 2018 diperkirakan akan meningkat dikarenakan adanya Hari besar Natal dan perayaan akhir tahun yang akan mendorong jumlah permintaan,  Selasa (11/12/2018).

Selain itu, permintaan bahan pangan juga meningkat seiring dengan meningkatnya konsumsi masyarakat.

Dari sisi produksi, risiko gagal panen dan terbatasnya aktivitas nelayan seiring dengan meningkatnya curah hujan dan tinggi gelombang di Bangka Belitung berpotensi untuk membatasi jumlah pasokan.

“Di penghujung tahun, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) perlu memperkuat koordinasi antar instansi untuk memitigasi risiko inflasi yang muncul setiap akhir tahun," tegasnya.

Selain itu, perlu dilakukan edukasi kepada masyarakat agar bijak dalam berkonsumsi juga merupakan langkah yang tidak kalah penting.

Dalam jangka pendek, upaya pengendalian inflasi akan dilakukan melalui implementasi program pasar murah dan koordinasi dengan distributor dan maskapai penerbangan untuk pengendalian harga.

Inflasi rendah di bulan November merupakan peluang yang baik agar pencapaian inflasi 2018 dapat tercapai.

"Meskipun begitu, seluruh pemangku kepentingan tetap harus mengawal perkembangan inflasi sampai Desember 2018," ungkap Tantan.

Pencapaian inflasi pada bulan November cukup menggembirakan, hal ini meningkatkan confidence level pencapaian target inflasi 2018.

Menurut data yang disampaikan Bank Indonesia KP Bangka Belitung,  secara tahunan inflasi November 2018 di Bangka Belitung tercatat sebesar 3,07% year on year (yoy) menurun dibanding inflasi Oktober 2018 sebesar 3,39% (yoy), dan berada dibawah angka inflasi nasional yang tercatat sebesar 3,23% (yoy).

Secara tahun kalender Bangka Belitung tercatat inflasi 1,65% (ytd).

Secara spasial, Kota Pangkalpinang mengalami deflasi yang sebesar 0,01% (mtm), meningkat dari bulan sebelumnya yang tercatat deflasi 0,34% (mtm), Inflasi tahunan Kota Pangkalpinang sebesar 2,89% (yoy).(Bangkapos/Yudha Palistian)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved