Dekranasda Fokus Kembangkan Tenun Cual Babel

Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya dan fokus mengembangkan kain cual hingga dikenal di mancanegara.

Dekranasda Fokus Kembangkan Tenun Cual Babel
Bangka Pos
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya dan fokus mengembangkan kain cual hingga dikenal di mancanegara. 

BANGKAPOS.COM - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya dan fokus mengembangkan kain cual hingga dikenal di mancanegara.

Ketua Dekranasda Babel Hj Melati menuturkan visi Dekranasda sebagai media pelestarian dan pengembangan produk kerajinan yang berkualitas, inovasi dan khas yang mana satu diantaranya tenun cual.

Tenun cual merupakan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia yang berasal dari Bangka Belitung.

Program kegiatan Dekranasda terkait pengembangan cual antara lain branding cual melalui berbagai media baik media cetak dan elektronik, penetapan Ketua Dekranasda Babel sebagai Duta Cual, fashion show cual oleh Ketua Dekranasda se-Babel yang dipimpin Ke­tua Dekranasda Babel pada acara Kriya Nusantara, Pameran Kriya Nusa di Jakarta dan fasilitasi Rumah Tenun di Muntok Bangka Barat.

Selanjutnya Pameran Babel Expo, fasilitasi kebijakan penggunaan cual sebagai pakaian daerah di Babel, branding cual melalui Putri Indonesia ‘Sonia Pulang Kampung’, fashion show cual oleh Ketua Dekranasda Babel saat acara PKK Pusat yang dihadiri Mufidah Jusuf Kalla dalam rangka memperingati Hari Kartini, Pameran Inacraft, fashion show dengan model profesion acara Kriya Nusa, Pameran Kriya Nusa 2018 dan Pelatihan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) dan pewarnaan kerjasama Dekranasda dengan Bank Indonesia.

Kemudian, Pameran Cual di Forum Bank Indonesia - IMF, inventarisir tenun cual lama/walas/antik/kuno, seminar cual, fashion show cual pada kegiatan sinergi Kemenkop-Kemenperin dan PKK yang dihadiri Mufidah Jusuf Kalla, fasilitasi tenun cual sebagai muatan lokal di sekolah, bimtek menjahit berbahan cual, Stunning Babel/Festival Babel, pembuatan film cual, peliputan dan pemutaran cual di Pesona TV.

Tak hanya itu dilakukan juga branding cual oleh Sonia Putri Indonesia dalam acara Miss Universe.

Menurut Melati para pengrajin cual dapat terus berinovasi. Jika semula proses tenun selesai hingga tiga bulan, dengan menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM) cukup satu bulan saja.

“Inovasi ini dapat dilakukan pengrajin bekerjasama dengan desainer dan penetrasi internasional,” ujarnya.

Saat ini katanya, International Council for Small Business (ICSB) mendaulat Hj Melati Sebagai Koordinator Wilayah Bangka Belitung.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved