Wabup dan Sekda Hadiri Kampanye GERMAS Kabupaten Bangka Barat

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)

Wabup dan Sekda Hadiri Kampanye GERMAS Kabupaten Bangka Barat
Humas Pemkab Babar
Pemerintah Kabupaten Bangka Barat mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tingkat Kabupaten Bangka Barat bertempat di Lapangan Gelora Muntok, Bangka Barat, Jumat (7/12). 

BANGKAPOS.COM - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tingkat Kabupaten Bangka Barat bertempat di Lapangan Gelora Muntok, Bangka Barat, Jumat (7/12).

Kegiatan Kampanye Germas ini diawali senam sehat bersama Wakil Bupati Bangka Barat, Markus SH, Sekda Bangka Barat, Drs H Yunan Helmi, M.Si, kader kesehatan, peserta senam lansia, pegawai, kepala puskesmas, kepala bagian, asisten serta mas­yarakat.

Kegiatan ini juga diha­diri perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung yang meninjau langsung pelaksanaan kegiatan Kampanye Germas di Kabupaten Bangka Barat.

Permasalahan kesehatan yang timbul sebagian besar diakibatkan oleh pola hidup masyarakat yang tidak sehat yang dipengaruhi berbagai hal seperti tingginya konsumsi mas­yarakat akan makanan yang mengandung gula, garam, lemak, minimnya konsumsi buah dan sayur serta semakin berkurangnya aktivitas fisik atau olahraga.

Dari permasalahan diatas, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Kesehatan Bangka Barat melaksanakan Kampanye Germas.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi seluruh lapisan masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang optimal.

Camat Muntok, Sukandi dalam sambutannya menyambut baik Kampanye Germas dan memberikan apresiasi terhadap Dinas Kesehatan Bangka Barat dan Puskesmas Muntok yang telah memberikan pelayanan kesehatan bagi warga Kecamatan Muntok.

Kepala Dinas Kesehatan Bangka Barat, drg H Achmad Syaifuddin mengatakan semua permasalahan kese­hatan tidak akan mampu diselesaikan oleh puskesmas dan dinas kesehatan saja, sehingga diperlukan dukungan dan kerjasama oleh semua pihak.

Dalam pelaksanaan Kampanye Germas kali ini, Dinkes Bangka Barat juga melaksanakan pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM), pelayanan kesehatan gratis, bazar Germas dan pameran produk toga.

Sekda Bangka Barat, Yunan Helmi menuturkan, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat pada tahun 2018 sudah mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) ke seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, sehingga dapat dipedomani dan dijalankan sesuai peran dan kewenangan masing-masing.

Dalam kesempatan itu juga Yunan menyampaikan bahwa Kabupaten Bangka Barat mendapatkan penghargaan kategori Inovasi ‘Bedah Desaku’ yang merupakan satu diantara inovasi di bidang kesehatan dalam penanganan stunting.

“Mari bersama kita capai dan tingkatkan derajat kesehatan dengan melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), serta kita ajak seluruh masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat. Semoga sinergi yang baik antara seluruh masyarakat dan pemerintah dapat dipertahankan dan ditingkatkan dalam rangka menuju Bangka Barat Sehat Tahun 2021,” ajak Yunan. (adv/mely/may)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved