Erzaldi Minta Dinas Pendidikan Gelar Gebyar Akbar SMA/SMK di 2019

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman meminta dinas pendidikan Babel untuk menggelar Gebyar Akbar SMA/SMK se Babel tahun 2019 mendatang.

Erzaldi Minta Dinas Pendidikan Gelar Gebyar Akbar SMA/SMK di 2019
Bangka Pos / Krisyanidayati
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman meminta dinas pendidikan Babel untuk menggelar Gebyar Akbar SMA/SMK se Babel tahun 2019 mendatang.

Gebyar SMA/SMK di Babel ini akan menampilkan karya literasi dan produk kreativitas siswa SMA/SMK se Babel yang juga dilakukan literasi kewirausahaan.

Erzaldi menilai hal ini perlu dilakukan, untuk terus memacu semangat siswa menumbuhkan jiwa kewirausahaan, kesenian dan lainnya sehingga siswa tidak hanya terpacu pada profesi tertentu.

Kegiatan ini akan dilaksanakan mendekati waktu peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei.

"Dalam rangka meningkatkan jiwa entrepreneurship para siswa kita di level SMA/SMK, setiap tahun saya minta ada gebyar akbar gabungan kegiatan dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa untuk lebi peka terhadap perkembangan zaman," kata Erzaldi saat menghadiri Festival Ekspresi lembar 3 di SMAN 3 Pangkalpinang, Kamis (13/12/2018).

Ia menyebutkan, untuk tuan rumah kegiatan ini harus digilir setiap tahunnya. Dirinya menginstruksikan dinas pendidikan Babel untuk mulai mempersiapkan kegiatan ini dari tahun ini yang akan dibantu oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

"Tuan rumahnya digilir tahun depan Pangkalpinang, nanti semua keunggulan yang dianggap unggul lomba kreatifitas cipta lagu, band, festival kewirausahaan. Gebyar 3 hari ditutup pada acara hari pendidikan nasional," ujarnya.

Ia juga meminta yang menjadi panitia pelaksana, bukan guru-guru melainkan gabungan seluruh pengurus osis SMA/SMK se Babel.

"Tahun depan provinsi harus melakukan ini, panitia osis SMA/SMK di Babel, guru hanya memantau. Kita mengajarkan siswa kita agar mereka berolah pikir, seni, raga, mengembangkan diri dan wawasan," ujarnya.

Dirinya mengusulkan, untuk tahun pertama dilaksanakan di GOR Sahabudin dan meminta agar siswa diliburkan, namun harus beraktivitas dalam gebyar ini.

"Buat dan laporan menyambut hari pendidikan itu 2 mei pelaksanaannya mulai 27 April Gebyar lima hari silahkan pakai GOR Sahabudin persiapkan dari sekarang. Undang ketua osis libatkan MKKS mereka yang menciptakan kegiatan 5 hari kreativitas, liburkan sekolah mereka harus belajar di GOR dan acara itu," pintanya.

Kegiatan semacam ini diyakininya dapat meningkatkan kemampuan interaksi siswa, agar tidak hanya terpaku pada teori-teori di sekolah.

"Hal ini kita kaitkan dengan peningkatan jiwa entrepreneurship mereka. Kita berharap siswa kita tidak hanya mengandalkan satu cita-cita, sehingga dia akan peka memposisikan dirinya untuk berbuat apa sehingga dirinya dalam kondisi apapun siap menghadapi tantangan," tambahnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved