Publik Safety Center 119 Kabupaten Bangka Dapat Pujian dari Pemkab Tanggerang

Pihak Pemerintah Kabupaten Tangerang memilih Public Safety Center (PSC) 119 Sepintu Sedulang di Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka

Publik Safety Center 119 Kabupaten Bangka Dapat Pujian dari Pemkab Tanggerang
Bangka Pos / Nurhayati
Pihak Pemkab Tangerang berfoto bersama dengan para petugas PSC 119 Sepintu Sedulang, Kamis (13/12/2018) di depan mobil Ambulan PSC 119 Sepintu Sedulang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Pihak Pemerintah Kabupaten Tangerang memilih Public Safety Center (PSC) 119 Sepintu Sedulang di Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka sebagai tempat studi banding. 

Diakui Kabid Litbang Bappeda Kabupaten Tangerang Pipin Syamsul Arifin, di Kabupaten Tangerang juga sudah memiliki Pusat Penanggulangan Terpadu (PPT) namun belum optimal seperti di PSC 119 Sepintu Sedulang.

"Kami belajar disini agar bisa dioptimalkan, mempelajari yang kurang apa sehingga lebih maju. Mudah-mudahan pulang dari sini, PPT di Tanggerang lebih baik lagi," kata Pipin kepada bangkapos.com, Kamis (13/12/2018) di PSC 119 Sepintu Sedulang.

Dia memuji PSC 129 Sepintu Sedulang karena memberikan pelayanan pra rumah sakit dengan menangani langsung pasien di lokasi kejadian baik di rumah maupun di jalan dan tempat lainnya.

Selain itu juga tidak ada persaingan pelayanan medis dengan pihak puskesmas atau rumah sakit.

"PSC hanya menjemput yang sifatnya gawat darurat sebelum ditangani rumah sakit maupun puskesmas. Kalau puskesmas menunggu orang sakit datang, ini menjemput bahkan mencari mendeteksi siapa yang sakit, yang penting orang yang bersangkutan terdaftar disini misalnya sakit jantung, nanti bisa dengan mudah meminta bantuan disini dan petugasnya siap. Itu yang perlu kami pelajari disini," jelasnya.

Untuk PPT di Kabupaten Tangerang dia menilai dari segi sumber daya manusia siap hanya saja masih keterbatasan di organisasinya dalam implementasinya.

Diakui Pipin, kondisi di Kabupaten Tangerang berbeda dengan Kabupaten Bangka yang penduduknya lebih padat. "Kabupaten Bangka ini hanya satu kecamatan di Kabupaten Tangerang karena kepadatannya dimana-mana sangat perlu PSC yang seperti ini," kata Pipin. (BANGKAPOS.COM/NURHAYATI)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved