Video

Kalangan Nahdliyin Diminta Tidak Meninggalkan Tradisi Sunnah

Khatib Syuriah Pengurus Nahdlatul Ulama Wilayah Babel, Latif mengingatkan agar kalangan nahdiyin untuk kompak dalam menjaga NKRI

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Khatib Syuriah Pengurus Nahdlatul Ulama Wilayah Babel, Latif mengingatkan agar kalangan nahdiyin untuk kompak dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada era milenial ini.

Apalagi pada tanggal 17 April 2019 nanti akan dilaksanakannya pemilihan legislatif dan pemilihan presiden sekaligus.

Dia juga meminta kalangan Nahdliyin untuk tidak meninggalkan tradisi sunnah dalam agama Islam.

"Pada kurun waktu minileal ini banyak orang yang sudah mengurangi melaksanakan tradisi sunnah ini. Kita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dikenal orang Melayu tradisi Melayu. Adat melayu berdasarkan buku Adat Rech mengatakan bahwa adat melayu itu identik dengan Islam. Jadi orang Melayu itu diharapkan tradisi Islam yang dilaksanakan di bagian daerah kepulauan melayu selalu bersumber dari ajaran Ahlus Sunnah Wal Jamaah," jelas Latif saat membuka Konfensi Cabang Nadlatul Ulama Kabupaten Bangka, Sabtu (14/12/2018) di Gedung Dharma Wanita Sungailiat.

Menurutnya, sekarang banyak yang klaim kalangan Nahdliyin dan Pengurus NU tetapi pelaksanaan tradisi sunnah sudah mulai punah baik di kota maupun di desa. Oleh karena itu, Latif mengharapkan agar kalangan Nahdliyin bisa melaksanakan tradisi sunnah tersebut.

Diakuinya, sebagian besar umat Islam di Indonesia dari kalangan Nahdliyin. Untuk perlu dipertahankan tradisi Nahdliyin yang diajarkan oleh Pendiri NU Syeh Hasyim Al Asy'ari.

Tradisi seperti aqiqah, cukur rambut, barzanji dan ibadah sunnah lainnya tetap perlu dilestarikan.

Ketua Tanfiziah NU Kabupaten Bangka priode 2014 - 2019, M Nasir Hasan mengatakan, kegiatan konfercab dilaksanakan guna mengevaluasi kinerja Pengurus Cabang Nadlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bangka.

Selain itu juga untuk merumuskan program-program yang tepat dan baik untuk periode berikutnya sesuai dengan tradisi sunnah dan menguatkan jati diri sehingga organisasi NU ke depan sehingga bisa memberikan kesejahteraan.

Pada kesempatan ini, kegiatan konfercab juga akan memilih pengurus PCNU kabupaten Bangka periode 2019-2024.

Staf ahli Bupati Bangka Zulkarnain Idrus mengatakan Pemerintah Kabupaten Bangka sangat mendukung kegiatan organisasi NU yang merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia.
Ia mengharapkan konfercab NU dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang terbaik.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved