Tiba dari Jakarta, Molen dan Istri Langsung Jenguk Korban Kebakaran di Parit Lalang

Molen dan Monica yang sempat melihat-lihat puing-puing rumah korban langsung menginstruksikan stafnya untuk segera mengambil langkah tanggap darurat.

Tiba dari Jakarta, Molen dan Istri Langsung Jenguk Korban Kebakaran di Parit Lalang
Tim Molen
Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) dan istrinya, Monica Haprinda saat menjenguk korban kebakaran di RT 01 RW 03, Kelurahan Paritlalang, Pangkalpinang, Minggu (16/12/2018). 

BANGKAPOS.COM - Tiba dari Jakarta pada Minggu (16/12/2018) pagi, Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) dan istrinya, Monica Haprinda langsung bergegas menjenguk korban kebakaran di Parit Lalang, Pangkalpinang. Molen dan Monica yang sempat melihat-lihat puing-puing rumah korban langsung menginstruksikan stafnya untuk segera mengambil langkah tanggap darurat.

Keduanya langsung ke lokasi kejadian setelah mendapat laporan si jago merah melalap empat petak rumah kos-kosan di RT 01 RW 03, Kelurahan Paritlalang , subuh tadi sekitar pukul 4.30 WIB. Hanya dalam belasan menit, bangunan tersebut dilaporkan ludes.

“Saya sudah instruksikan staf saya di bawah agar cepat tanggap membantu para korban. Sekarang langsung kami dirikan tenda penampungan sementara. Nanti dinas terkait juga akan melakukan pendataan dan inventarisir para korban,” kata Molen seperti dikutip dalam rilis pers yang diterima Bangka Pos, Minggu (16/12/2018).

Molen meminta warganya untuk berhati-hati terhadap bahaya kebarakan. Jangan sampai lalai bila menggunakan kompor memasan. Ia juga meminta jaringan kabel listrik di rumah agar selalu dicek.

“Kebakaran yang ini dari informasi yang saya terima kemungkinan karena konsleting listrik. Saya imbau warga saya untuk mengecek istalasi listrik di rumah masing-masing. Dengan kompor juga harus hati-hati. Kalau sudah digunakan jangan lupa cepat-cepat dimatikan,” katanya.

Setelah kejadian, Dinas Sosial Kota Pangkalpinang menyalurkan bantuan pakaian, selimut dan tenda. Bantuan diserahkan simbolis Ketua TP PKK Kota Pangkalpinang yang tak lain isteri Molen, Monica Haprinda kepada salah satu korban Sari Kasih (30).

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) dan istrinya, Monica Haprinda saat menjenguk korban kebakaran di RT 01 RW 03, Kelurahan Paritlalang, Pangkalpinang, Minggu (16/12/2018
Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) dan istrinya, Monica Haprinda saat menjenguk korban kebakaran di RT 01 RW 03, Kelurahan Paritlalang, Pangkalpinang, Minggu (16/12/2018 (Tim Molen)

Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kerugian materi ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Rumah kontrakan ini masing-masing dihuni Are (32) bersama isteri dan empat anaknya, Resi (32), Jepang (32), dan seorang janda bernama Ibu Rini.

Meski sempat coba dipadamkan, kobaran api melalap seluruh bangunan hanya dalam waktu 15 menit. Petugas damkar pun dilaporkan datang saat api sudah melalap habis seluruh bangunan sehingga tak banyak harta benda para korban yang bisa diselamatkan.

“Yang ada cuma baju di badan ini saja. Mana sempat menyelamatkan harta benda karena api sangat ganas,” ujar seorang korban, Resi.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, kebakaran ini diduga terjadi akibat korsleting listrik. Sumber api pertama kali berkobar dari atap kontrakan yang dihuni Are.

“Anak saya bernama Dara pertama kali melihat api sudah besar di atap bagian kamar. Saya dan isteri bersama tiga anak saya tidur diruang tengah. Untung Dara terjaga dan melihat api sudah membesar lalu membangunkan kami,” kata Are.

Akibat kejadian ini pula, para korban sebagian mengungsi ke rumah keluarga mereka. Sebagian lagi kebingungan akan tinggal di mana karena tidak memiliki sanak keluarga di Pangkalpinang.

“Keluarga kami jauh semua. Anak saya ada empat dan satu masih balita. Entahlah dimana tinggal sementara,” ucap Are. (BANGKAPOS.COM / rilis tim Molen/ Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved