Kabupaten Belitung Timur Wujudkan Universal Health Coverage

Keberhasilan pencapaian UHC ini sekaligus menandai Kabupaten Belitung Timur meraih penghargaan bergengsi dari Pre­siden RI.

Kabupaten Belitung Timur Wujudkan Universal Health Coverage
Bangka Pos
Pemerintah Kabupaten Belitung Timur melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kepesertaan BPJS Kesehatan bagi masyarakat Belitung Timur, yang berlangsung di halaman Gedung Kantor Bupati Be­litung Timur, Senin (17/12). 

BANGKAPOS.COM - Keberhasilan pencapaian UHC ini sekaligus menandai Kabupaten Belitung Timur meraih penghargaan bergengsi dari Pre­siden RI.

Selain menerima penghargaan, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur juga melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kepesertaan BPJS Kesehatan bagi masyarakat Belitung Timur, yang berlangsung di halaman Gedung Kantor Bupati Be­litung Timur, Senin (17/12).

Kabupaten Belitung Timur merupakan kabupaten kedua se-Provinsi Bangka Belitung yang menerima Penghargaan UHC Kepesertaan Program JKN-KIS.

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumatera Selatan Bangka Belitung dan Bengkulu, Erna Wijaya Kesuma menyampaikan selama lebih dari empat tahun sejak 2014 lalu telah diselenggarakan Program JKN-KIS yang kepesertaannya terbuka bagi seluruh rakyat Indonesia baik yang mampu maupun yang tidak mampu secara finansial.

“Jumlah kepesertaan saat ini sudah mencapai 207.834.315 jiwa dari seluruh Indonesia,” ujar Erna Wijaya dalam sambutannya.

Menurut Erna di Kabupaten Belitung Timur sendiri sampai dengan 1 Desember 2018 jumlah penduduk yang memiliki jaminan kesehatan melalui Program JKN-KIS sebanyak 117.876 jiwa dari penduduk sebanyak 123.305 atau sebanyak 95,60 persen artinya masih ada 5.429 jiwa yang perlu diberikan jaminan kesehatan.

Sementara untuk fasilitas kesehatan telah bekerjasama di Kabupaten Belitung Timur yaitu 12 Faskes Tingkat Pertama dan 1 Fas­kes Tingkat Lanjutan (RSUD Belitung Timur).

“Diharapkan dengan ada­nya penandatanganan Perjanjian Kerjasama Universal Health Coverage yang kita laksanakan hari ini, dapat menstimulasi cakupan kepesertaan semesta bagi seluruh penduduk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya Kabupaten Belitung Timur,” ujar Erna.

Erna pun menambahkan dengan adanya komitmen yang kuat dari Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, BPJS Kesehatan yakin perlindungan Program JKN-KIS akan semakin luas dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

Sementara itu Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza menyampaikan syukurnya atas peningkatan kepesertaan masyarakat Belitung Timur dalam BPJS Kesehatan.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved