Video : Sahani Saleh Tinjau Pelayanan Dukcapil Belitung, Gedung hingga Tenaga Pelayanan Jadi Sorotan

Sahani Saleh melihat langsung proses pelayanan hingga percetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik hingga berinteraksi dengan masyarakat

BANGKAPOS.COM -- Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Selasa (18/12/2018) melakukan peninjauan terhadap pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Belitung.

Sahani Saleh melihat langsung proses pelayanan hingga percetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik hingga berinteraksi dengan masyarakat yang sedang mengurus administrasi kependudukan.

Selama melakukan peninjauan tersebut, Sanem ditemani langsung oleh Plt Kepala Dukcapil Kabupaten Belitung Mustopa. Peninjauan ini dilakukan oleh Sanem, menyusul setelah dilakukan pemusnahan KTP Elektronik kemarin.

"Pelayanan sudah sesuai dengan SOP dan format yang ada. Data kependudukan di Belitung ini senantiasa ada perubahan, salah satu contoh tidak kemarin tidak tercatat perkawinan sirih, sekarang sudah tercatat. Jadi istilahnya sudah jelas," ungkap Sanem kepada Pos Belitung, Selasa (18/12/2018).

Menurut dia, pelayanan yang dilakukan oleh Dukcapil Kabupaten Belitung kini sudah sesuai dengan target dan SOP serta sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan dari Ombusman dan Pemerintah Pusat.

Namun, lanjut dia, kedepan tetap harus diperbaiki dan ditingkatkan pelayanan yang lebih maksimal, mengingat pelayanan di pemerintahan daerah terus mengalami peningkatan.

"Apalagi semakin hari pelayanan semakin ramai dan penduduk terus bertambah. Sudah pasti kedepan tidak akan bisa lagi di tutup-tutupi dan kami berpikir kedepan untuk mengalihkan pelayanan hingga menambah tenaga pelayanan," ujarnya.

Sebab, kata Sanem, gedung yang dimiliki oleh Dukcapil kini terbilang sudah sempit. Sehingga sulit untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

"Untuk menyimpan arsip saja sudah sulit, apalagi lima tahun kedepan nanti pasti akan bertambah pelayanan nya dan tenaga pelayanan harus ditambah juga nanti," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved