Bahar Buasan Beri Solusi Tuntaskan Masalah Air untuk Warga Pesisir Babel

Pemberian bantuan pembuatan MCK tersebut juga berdasarkan kebutuhan nelayan.

Bahar Buasan Beri Solusi Tuntaskan Masalah Air untuk Warga Pesisir Babel
Bangka Pos
Bahar Buasan Beri Solusi Tuntaskan Masalah Air untuk Warga Pesisir Babel 

BANGKAPOS.COM -- Pasokan air bersih merupakan kebutuhan primer bagi manusia sebagai kebutuhan MCK, sebab tanpa air bersih manusia tidak akan bertahan. Terlebih bagi nelayan yang selesai melaut, tentunya membutuhkan air bersih.

Hal itu yang disampaikan Bahar Buasan ketika memberikan bantuan pembuatan sumur bagi nelayan Rebo, Sungailiat. Bahar menilai nelayan Rebo sangat membutuhkan air bersih untuk keperluan Fasilitas Sanitasi.

“Kita melihat dipantai itu perlu air bersih, perlu MCK. Ya bersama masyarakat kita bergotong royong untuk bisa membuat sumur agar bisa bermanfaat bagi nelayan itu,” ucap Bahar Buasan beberapa pekan lalu setelah memberikan bantuan biaya pembangunan secara langsung kepada salah seorang pengelola nelayan.

Anggota DPD RI itu mengatakan senang bila membantu antar sesama yang membutuhkan. Sebab, menurutnya dengan cara itu Ia dapat memberi apa yang dia miliki.

“Ada sebuah kebahagiaan dan kegembiraan tersendiri saat kita bisa membantu orang lain. Aku memberi dari apa yang aku miliki dan aku sayangi’,” ucap Bahar Buasan.

Pemberian bantuan pembuatan MCK tersebut juga berdasarkan kebutuhan nelayan. Selain itu menurut Bahar, ada juga warga yang bersedia mengkoordinir pembangunan MCK tersebut di lapangan.

“Saya melihat mereka disana mereka perlu di buatkan MCK, yang kedua ada kepedulian teman-teman untuk mengkoordinir pembangunannya, ternyata berbuat sesuatu itu perlu kebersamaan,” ucap Bahar.

Orang yang mengelola di lapangan juga menjadi hal yang penting menurut Bahar, karena bila diberikan bantuan tanpa ada yang mengelola, dikhawatirkan akan beralih fungsi penggunaannya.

“Bukan hanya sekedar memberi tetapi kalau tidak ada yang mengelola ya percuma. Jadi selain kita memberi kepada yang membutuhkan kita juga perlu ada orang yang mengelola di lapangan,” tutup Bahar Buasan.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved