Inilah Dampak Buruk Lembur Bagi Kesehatan

Sering Lembur di Kantor, Inilah Dampak Buruk Yang Dapat Terjadi Bagi Kesehatan

BANGKAPOS.COM - Demi penghasilan yang lebih maksimal, beberapa orang termotivasi bekerja keras sampai rela bekerja lembur beberapa kali.

Namun, lembur sebenarnya tidak baik untuk kesehatan tubuh, meskipun memang membuat pundi-pundi uangmu bertambah.

Kamu akan gampang merasa lelah karena bekerja terlalu keras dan kurang tidur. Badanmu juga rentan terserang penyakit. Inilah beberapa dampak buruk yang terjadi jika kamu sering lembur dilansir dari @indozone.id.

1. Rentan terkena masalah kesehatan

Sering bekerja lembur akan membuat kamu rentan terkena tekanan darah tinggi, masalah kesehatan mental, dan terdorong untuk mengonsumsi alkohol sebagai pelarian. Apalagi kalau kamu bekerja lebih dari 60 jam seminggu, maka tingkat stresmu akan bertambah.

2. Sulit Konsentrasi

Bekerja selama berjam-jam dalam waktu lama akan menurunkan konsentrasimu, apalagi kalau ditambah kurang tidur. Kamu berpotensi mengulang kesalahan sepele, dan bisa saja akan mengalami kecelakaan, seperti terjatuh atau menabrak saat mengemudi.

3. Produktivitas Menurun

Meskipun kamu bekerja lebih lama, hal ini tidak berarti produktivitasmu meningkat. Penelitian di Universitas Stanford mengatakan bahwa orang yang bekerja 70 jam tidak lebih produktif daripada orang yang bekerja 55 jam seminggu. Karena, produktivitas biasanya mulai menurun jika seseorang bekerja lebih dari 50 jam seminggu.

4. Hubungan keluarga bisa retak

Kalau terlalu mencintai pekerjaan dan mengabaikan keluarga, rumah tanggamu bisa saja rusak. Kamu jarang berkomunikasi dengan pasangan atau bermain bersama anak.

Yang perlu kamu ingat, perusahaan bisa kapan saja mencari penggantimu, tapi kamu tidak bisa setiap saat mencari pengganti keluarga.

5. Berpotensi mengalami stress dan frustrasi

Karena lelah, sering bekerja lembur justru membuat pekerjaanmu menjadi tidak maksimal. Hal ini bisa membuat kamu menjadi frustrasi dan akhirnya malah ingin mencari tempat kerja baru. (BANGKAPOS.COM/Putrie Agusti Saleha)

Penulis: Putrie Agusti Saleha
Editor: teddymalaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved