Antisipasi Banjir di Musim Hujan, BPBD Babel Sudah Siagakan Tim di Kabupaten/Kota

Mikron Antariksa mengatakan ada beberapa titik rawan banjir saat curah hujan meningkat.

Antisipasi Banjir di Musim Hujan, BPBD Babel Sudah Siagakan Tim di Kabupaten/Kota
Dokumen Bangka Pos
Kepala BPBD Babel, Mikron Antariksa. 

BANGKAPOS.COM - Kepala Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan ada beberapa titik rawan banjir saat curah hujan meningkat.

Titik rawan banjir di antaranya Pangkalpinang, Muntok Bangka Barat, Menduk Bangka, di Bangka Selatan di Delas, dan di Belitung Timur.

"Ini berpotensi banjir besar kalau curah hujannya tinggi terus dan berbarengan dengan pasang air laut, hanya titik tertentu saja. Kalau hujan biasanya ada genangan tapi tidak sampai banjir," kata Mikron, Jum'at (21/12/2018).

Ia menyebutkan, untuk genangan hampir setiap kabupaten/kota pasti terjadi genangan disaat turun hujan. Hal ini lantaran terganggunya arus air akibat sedimentasi.

"Genangan pasti terjadi, karena hujan satu jam saja sudah pasti terjadi genangan, apalagi musim hujan seperti ini," ujar Mikron.

Ia mengatakan, pihaknya sudah menyiagakan tim di masing-masing kabupaten/kota, baik peralatan maupun logistik untuk mengantisipasi terjadinya banjir.

"Tim di kabupaten/kota sudah siaga berikut logistik dan peralatan, karena kan ini musim hujan. Kemungkinan bisa saja terjadi jadi harus selalu siap," tambahnya.

Mikron juga meminta masyarakat untuk tetap menjaga kondisi lingkungan, sehingga tidak mengganggu arus air.

"Semuanya harus menjaga mulai dari lingkungan, kebiasaan tidak membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved