Bahar Buasan Ajak Berdayakan Pertanian Agar Babel Tak Bergantung ke Timah

Bahar Buasan, Anggota DPD RI Dapil Babel mendorong masyarakat beralih dari perekonomian berbasis timah ke ekonomi alternatif

Bahar Buasan Ajak Berdayakan Pertanian Agar Babel Tak Bergantung ke Timah
Bangka Pos
Bahar Buasan Ajak Berdayakan Pertanian Agar Babel Tak Bergantung ke Timah 

BANGKAPOS.COM -- Bahar Buasan, Anggota DPD RI Dapil Babel mendorong masyarakat beralih dari perekonomian berbasis timah ke ekonomi alternatif, yaitu bercocok tanam. Bahar ingin ekonomi Bable tak melulu bergantung pada timah.

Bahar menilai, saatnya masyarakat beralih ke pertanian karena tidak bisa terus menerus menggantungkan hidupnya pada sumber daya alam timah yang diketahui memiliki batasan dan tidak dapat diperbaharui.

“Kita harus beralih dari ekonomi berbasis timah, ke ekonomi alternatif,” kata Bahar.

Yang dilakukan Bahar Buasan untuk mewujudkan peralihan ini yaitu dengan cara mengedukasi masyarakat Babel untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada secara cermat, terutama pada bidang buah-buahan.

“Bagaimana dengan lahan yang ada, kita mengedukasi dan memotivasi masyarakat untuk kita bertani, berkebun, memanfaatkan lahan yang ada,” tutur Bahar.

Menurut Bahar selama ini masyarakat kerap mengirim barang pokok dari luar Babel. Hal itu menurutnya akan fatal bila dilakukan secara terus menerus.

Karena itu, Bahar berharap kebutuhan pangan di Babel harus dipenuhi dari sumber lokal, yaitu dengan kegiatan bercocok tanam dan memanfaatkan lahan yang ada di Babel.

“Saat ini sedang dikembangkan kebun jeruk untuk kebutuhan masyarakat di Babel, dalam rangka ketahanan pangan. Selama ini buah jeruk banyak kita datangkan dari daerah lain, seperti Pontianak, Medan dan impor dari luar negeri,” tutupnya.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved