Bupati Belitung Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Menumbing 2018, ini Pesannya

Oleh karena itu, seluruh pemangku kepentingan perlu melakukan konsolidasi bersama sembari mengecek kesiapan pengamanan

Bupati Belitung Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Menumbing 2018, ini Pesannya
posbelitung.co/dede s
Bupati Belitung Sahani Saleh mengecek kesiapan personel saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Menumbing 2018 di Mapolres Belitung, Jumat (21/12/2018). 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Polres Belitung melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Menumbing 2018 yang dipimpin oleh Bupati Belitung Sahani Saleh, Jumat (21/12/2018).

Kegiatan yang dilakukan di halaman Mapolres Belitung itu diikuti jajaran TNI, Polri, Satpol PP serta instansi terkait.

Bupati Belitung selaku pimpinan apel menyematkan pita kepada empat perwakilan pasukan sebagai simbolis dimulainya Operasi Lilin Menumbing 2018 dari tanggal 23 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019 mendatang.

"‎Situasi menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun merupakan momen yang akan dimanfaatkan masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga.

Kondisi ini memunculkan potensi kerawanan yang menjadi perhatian kita bersama," ujar Bupati Belitung Sahani Saleh dalam sambutannya.

Ia mengatakan peningkatan intensitas kegiatan masyarakat akan memunculkan potensi kejahatan konvensional seperti begal, premanisme maupun aksi street crimes lainnya.

Menurutnya pengamanan perlu dilakukan di rumah ibadah untuk memberikan rasa aman serta wujud dari sikap toleransi antar umat beragama.

Oleh sebab itu, Operasi Lilin Menumbing 2018 ini merupakan langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya tindak kriminal tersebut.

Dirinya percaya dengan penempatan personel gabungan pada pos-pos penjagaan yang telah dibangun mampu menjaga situasi kamtibmas pada moment Natal dan pergantian tahun.

"Oleh karena itu, seluruh pemangku kepentingan perlu melakukan konsolidasi bersama sembari mengecek kesiapan pengamanan serta menyamakan persepsi agar pengamanan bisa berjalan lancar," katanya.

Sementara itu, Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana mengatakan Operasi Lilin Menumbing 2018 melibatkn 167.783 personel pengamanan gabungan dari Polri bersama segenap jajaran TNI dan stakeholders terkait seluruh Indonesia.

‎Menurutnya Polri telh menginventarisir beberapa potensi kerawanan seperti kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, potensi aksi terorisme, sweeping ormas dan aksi intoleran, kecelakaan moda transportasi, ketersediaan dan stabilitas harga pangan serta kemacetan lalu lintas.

"Untuk wilayah Kabupaten Belitung ini pos pengamanannya itu cukup luas mulai dari Tanjungpandan sampai Tanjung Tinggi‎.

Pos pengamanan ini akan diisi personel gabungan seperti TNI Polri, stakeholder terkait sampai anak-anak pramuka," katanya. (*)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved