Hari Ibu Diperingati Hari Ini, Berikut Sejarah Peringatan Hari Ibu di Indonesia

Hari Ibu Diperingati Hari Ini, Berikut Sejarah Peringatan Hari Ibu di Indonesia

Hari Ibu Diperingati Hari Ini, Berikut Sejarah Peringatan Hari Ibu di Indonesia
Dok. Kompas
Tanggal 22 Desember 1983 adalah peringatan Hari Ibu ke-45. Hari Ibu diperingati setiap tahun sejak 1938 setelah kongres Perikatan Perempuan Indonesia di Bandung sepakat memilih tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Pemilihan berdasarkan sejarah bahwa pada tanggal tersebut berlangsung pertemuan pertama seluruh organisasi wanita Indonesia di Yogyakarta tahun 1928. Ibu-ibu yang tergabung dalam Kowani pada tanggal 22 Desember 1946 memperingatinya dengan menyerahkan bingkisan kepada warga DKI Jakarta. 

BANGKAPOS.COM - Di Indonesia, setiap tanggal 22 Desember merupakan hari spesial bagi para wanita. Terlebih apabila ia adalah seorang ibu. Karena pada hari tersebut merupakan peringatan Hari Ibu untuk para ibu.

Biasanya pada hari tersebut, anak-anak di Sekolah akan merayakan dengan mempersiapkan kado untuk para ibu dan guru-guru wanita. 

Tapi, apakah para pembaca tahu bagaimana sejarah terbentuknya peringatan hari Ibu di Indonesia? Berikut penjelasannya.

Dalam sejarahnya, peringatan Hari Ibu di Indonesia ternyata sudah dimulai sejak sebelum kemerdekaan negara ini.

Hari Ibu di Indonesia tercetus tidak jauh dari peran perempuan pada masa itu. Hari Ibu di Indonesia dirayakan pada hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama.

Kongres Perempuan Indonesia yang pertama ini jatuh pada tanggal 22-25 Desember 1928 yang dilaksanakan di Provinsi D.I. Yogyakarta.

Dari kongres tersebut kemudian terlahir Kongres Wanita Indonesia atau yang disebut dengan Kowani.

Di Indonesia, organisasi wanita sudah memulai eksistensinya sejak 1912. Pergerakan mereka terinspirasi oleh pahlawan-pahlawan wanita Indonesia di abad 19.

Sebut saja Kartini, Christina Martha Tiahahu, Cut Nyak Dien, Cut Meutia, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, dan Nyai Ahmad Dahlan.

Kongres ini diadakan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan. Meskipun sudah dilaksanakan pada 1928, namun peringatan Hari Ibu belum langsung ditetapkan oleh pemerintah.

Halaman
12
Penulis: Putrie Agusti Saleha
Editor: teddymalaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved