Hutan Kemasyarakatan Belantu Jaye Belitung Tidak Kalah Menarik, Ini Rencana Pengembangannya

HKM Belantu Jaye Tanjung Rusa Tidak Kalah Menarik Dengan Pantai Tanjung Kelayang.

Hutan Kemasyarakatan Belantu Jaye Belitung Tidak Kalah Menarik, Ini Rencana Pengembangannya
Pos Belitung/Disa Aryandi
Kondisi Pantai Merida, Dusun Sabong, Desa Tanjung Rusa, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung. Pantai ini kini sudah dikemas, dan dikelola oleh HKm Belantu Jaye. 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Hutan Kemasyarakatan (HKm) Belantu Jaye, Desa Tanjung Rusa, Kecamatan Membalong., Kabupaten Belitung memiliki potensi besar.

Zonasi wilayah pengembangan (WP) di atas lahan seluas 995 hektar itu telah direncanakan untuk pengembangan sektor perikanan, pariwisata, pertanian dan peternakan.

Sektor tersebut menjadi prioritas HKm Belantu Jaye. Namun khusus pariwisata tetap difokuskan di Pantai Merida.

Di Pantai Merida akan dibangun cottage atau penginapan untuk mendukung fasilitas pariwisata, mengingat Desa Tanjung Rusa terbilang cukup jauh dari Kota Tanjungpandan, ibu kota Kabupaten Belitung.

"Nah dengan adanya pengembangan seperti itu nanti wisatawan bisa menginap di cottage-cottage itu, dan bisa juga nanti menggunakan homestay," kata Ketua HKm Belantu Jaye, Zunardi Masno kepada Posbelitung.co, Sabtu (22/12/2018).

Untuk sektor perikanan, rencananya akan digarap tambak kepiting dan udang yang semula sudah ada MoU dengan pengusaha Belitung H Edi Kodri (Buyung) memanfaatkan lahar seluas 20 hektar. Sedangkan sektor peternakan akan dibuat peternakan sapi dan kambing.

"Kalau yang pertanian itu, kami dapat bantuan dari Bapedas kemarin, untuk pengembangan pohon buah kuini dan mangga sesuai potensi lokal. Termasuk juga hasil hutan kayu dan madu alam dan madu ternak," bebernya.

Kondisi Pantai Merida, Dusun Sabong, Desa Tanjung Rusa, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung. Pantai ini kini sudah dikemas, dan dikelola oleh HKm Belantu Jaye.
Kondisi Pantai Merida, Dusun Sabong, Desa Tanjung Rusa, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung. Pantai ini kini sudah dikemas, dan dikelola oleh HKm Belantu Jaye. (Pos Belitung/Disa Aryandi)

Kepada Desa Tanjung Rusa, Hendra Wirio mengatakan pengembangan HKm itu selama ini dilakukan secara manual dan gotong royong. Peran Pemerintah Desa hanya memberikan dukungan dan memfasilitasi berbagai keperluan.

"Itu tidak menyalahi peraturan yang ada dalam pengembangan selanjutnya. Kami sudah berencana akan membangun ternak dan penginapan segala macam. Nah pengembangan ini nanti, kami akan mencari pihak ketiga, soalnya kalau hanya kami sendiri tentu akan mengalami kesulitan," kata Hendra Wirio. (posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved